Ada Cara Instan Bersihkan Cat Velg Dengan Cairan, Tapi??

939
Paint Remover
Penggunaan Paint Remover Pada Velg

Otomotifzone.com – JAKARTA. Dunia fashion dalam industri otomotif memang tidak ada matinya. Inovasi hingga tips and trik selalu saja ada updatenya. Seperti halnya dalam mempermudah, merontokan sebuah cat pada velg yang begitu sulit.

Sulitnya membersihkan cat pada velg, biasanya pada si velg menggunakan jenis cat pilox. Tapi tidak sedikit juga, ada yang tetap menggunakan selain pilox, namun masih saja kesulitan dalam membersihkannya.

Sebelum naik dalam tahap pengecatan, objek yang ingin diberi warna baru, biasanya dibersihkan cat hingga kotoran sampai ke titik yang paling kecil alias detail. Agar mendapat hasil maksimal. Namun berangkat dari masalah itu, ada saja kendalanya seperti susah menjangkau kebersihannya. Maka dari itu, sekarang ini, telah booming sebuah paint remover (Cairan Pembersih Cat Velg).

paint remover
Hasil Pemakaian Paint Remover/ Cairan Penghilang Cat Pada Velg

“Biasanya saya menggunakan cairan remover yang biasa dijual toko cat, karena jenisnya ini ialah kimia jadi ada beberapa bahan campuran. Tapi ada juga yang mencampurnya atau membuatnya sendiri,” buka Leonardo pemilik Yokz Paint – Bogor.

Lanjut lagi darinya mengenai cairan remover, “Ini tentunya bantu dan mempermudah dalam proses pekerjaan. Bisa langsung diaplikasiin ke velg, mau velgnya sudah lepas ban atau masih pasang. Tapi harus berhati-hati sama kulit kita tangan atau kaki,” jelasnya kembali kepada Redaksi Otomotif Zone.

paint remover
Proses Pemakaian Paint Remover/ Cairan Penghilang Cat Pada Velg. Foto: Instagram

Hampir secara merata, para pelaku modifikator di bidang painting memakai cara seperti ini. Tetapi dalam hal tersebut, ada pro dan kontra untuk para pelanggan, yang mana masih ragu amannya paint remover. Pasalnya tidak sedikit juga pekerja seni otomotif, memakai cara cepat dengan tetap memasang ban di velg dalam proses perontokan cat.

Ega Suryana
Ega Suryana – Product Test & Tech Support Dept. Head Kingland Tire

Ahli di bidangnya, dari pabrikan Ban Kingland, Ega Suryana menjelaskan, “Ban sendiri sifatnya kuat terhadap cairan seperti itu. Dengan bensin pun yang sifatnya lebih kuat, masih tetap aman. Asal jagan menggunakan cairan yang bersifat keras,” ungkap Product Test & Tech Support Dept. Head Kingland Tire.

“Dalam proses penggunaan paint remover, minusnya ke ban paling hanya berpengaruh retak karet ban, bisa di dinding ban. Maupun memperpendek umur ban,” tandas penjelasannya kepada Penulis.