Cari tahu cara mengendarai motor kamu saat hujan

126

OtomotifZone.com – Bandung. Bagian kritis berkendara motor saat hujan bukanlah grip ban atau pengaturan pedal gas yang mulus, namun seberapa baik kamu bisa melihat arah jalan dan berkonsentrasi.

Jaga Visor tetap bersih

Penglihatan yang jelas sangat penting dalam hujan lebat, visor yang bersih sangat penting karena air hujan cenderung menempel pada visor yang kotor dan mengurangi pandangan.

Gunakan perangkat anti-kabut seperti Pinlock pada visor agar mencegah mengeluarkan uap, dan semaksimal mungkin tidak membuka visor karena begitu air hujan masuk kedalam kaca visor, akan sangat sulit dibersihkan.

Jaga Jarak Kendaraan

Kamu perlu menggandakan jarak pengereman saat hujan deras karena dua alasan, pertama dalam kondisi tersebut motor tidak dapat berhenti secepat di jalan kering dan kedua karena visibilitas kamu terganggu, yang cukup lumayan mengurangi waktu kamu bereaksi.

Gunakan Ban yang tepat

Bila wilayah kamu berkendara memiliki tingkat curah hujan yang tinggi sebaiknya menggunakan ban tipe turing karena dapat memiliki grip yang bagus saat jalan basah maupun kering.

Jangan lupa tekanan ban juga penting, grip ban tidak akan bekerja dengan baik dijalan basah jika tekanannya terlalu tinggi atau terlalu rendah, jadi harus selalu melakukan pengecekan tekanan ban sesuai spesifikasi yang dianjurkan.