Chevrolet Impala 1962 Cilacap : Pakai Airsus, Biar Makin Membumi

55

OtomotifZone.com – Cilacap. Tampilan Chevrolet Impala produksi tahun 1962 ini, sudah memakai sistem airsuspension biar nampak semakin membumi. Tentu saja perangkat shockbreaker pada mobil klasik milik Bintang Romadhon, yang asli wong Cilacap, Jawa Tengah ini, bisa diatur daya rendamannya.

Merunut dari sejarah lahirnya Chevrolet Impala adalah tipe sedan full-size yang diperkenalkan pada untuk publik pertama kali di tahun 1958 silam. Nama Impala sendiri diambil dari binatang Antelop (sejenis rusa), yang banyak terdapat di Afrika Selatan.

Chevrolet Impala ini sudah pasangkan airsuspension

Impala merupakan mobil penumpang termahal yang di produksi oleh Chevrolet dan menjadi salah satu model terlaris di jamannya saat itu, dan bersaing ketat model sejenis dari pabrikan mobil lainnya, seperti Ford Galaxie 500 juga Plymouth Fury. Saking populernya Impala kala itu, produksinya berlanjut pada dekade 1980-an.

Chevrolet Impala jadi mobil termahal pada saat itu

Dan di era tahun 1994 hingga 1998, Impala pun kembali hadir dengan generasi terbarunya yang menerapkan mesin 5.7 liter model V8 atau setara dengan tipe Caprice Classic. Makanya, Bintang Romadhon merasa cukup beruntung dapat memiliki salah satu unit Impala ini di garasi rumahnya yang berada di daerah Kroya, Cilacap.

Tampilan eksterior Chevrolet Impala pertahankan aslinya

“Saya memang sudah tertarik dengan mobil tua sejak dulu, kebetulan Abah (ayah) memang punya koleksi beberapa mobil dan motor tua,” ujar Bintang, yang juga merupakan salah satu crosser Nasional ini.

Bagian dalam dan luar Chevrolet Impala, nampak dinamis

Tampang asli mobil berkelir seperti minuman jenis sampagne ini, tetap di pertahankan sesuai bawaannya dan tanpa di utak-atik. Hanya saja Bintang ingin agar bagian peredam kejut harus terasa nyaman, empuk dan tidak terlalu keras. Oleh karena itu, Bintang serahkan pengerjaan soal suspensi tersebut pada Afif Nurzaki, yang juga saudaranya dan piawai soal pemasangan airsuspension maupun modifikasi mobil di Purwokerto.

Setang masih orisinil bawaan asli Chevrolet Impala

“Biar lebih berkesan makin ndlosor namun tetap nyaman saat di kendarai, saya pasang airsuspension dua titik dari produk Air Rave. Karena kualitasnya lebih bagus dan harganya juga cukup terjangkau,” kata Yai, sapaan akrab Afif modifikator Pandawa Motor, di kawasan Cilongok, Purwokerto.

Airsuspension bisa diatur tingkat ketinggiannya

Untuk proses memasang airsuspension ini, tidak ada hambatan dan juga banyak ubahan. Karena menurut Yai, hanya mengimbangi sedikit dengan shockbreaker bawaannya saja. Tinggal plek dan atur ketinggian serta redamannya.

Panel indikator dan interior masih asli bawaan mobil

“Kalo sudah pakai airsuspension model gini, gak takut lagi terasa keras waktu di kendarai. Dan yang pasti, biarpun mobilnya klasik namun tetap aman dan nyaman daya redamannya,” cuap Bintang.

Penulis : Bani | Editor : Obeth | Foto : Bani

Data Modifikasi :

Velg depan/belakang : Redler R20

Ban depan/belakang : Accelera PHI 225/35-20

Air suspension : Air Rave

Interior full retrim MBtech Fiesta Red

Modifikator :
Pandawa Motor, Jl. Raya Cilongok, Depan Kantor Kecamatan Cilongok, Purwokerto

Telepon : +62 813-1221-5050