Gelar Kejurnas Sprint Rally Indonesia: HIPMI Jatim Diapresiasi Pemerintah

86

OtomotifZone.com – Lawang, Malang. Gelaran HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 yang berlangsung di Sirkuit Terpadu Puslatker TNI-AL Bedali, Lawang, Malang, mendapat apresiasi dari pemerintah maupun Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Even yang digelar pada Jumat- Minggu (22-24/7) ini merupakan kolaborasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur dengan IMI.

Hal itu disampaikan Bupati Malang, HM Sanusi pada seremoni pembukaan HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022, di Sirkuit Terpadu Puslatker TNI-AL Bedali, Lawang, Malang pada Jumat (22/7).

“Selain ajang untuk adu prestasi, kegiatan HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 ini sangat positif untuk mengangkat sektor pariwisata dan perekonomian di Malang. Untuk itu mudah-mudahan Kabupaten Malang selalu dipilih untuk lokasi acara ini setiap tahun,” katanya.

Hal ini diamini Komjen Pol (Pur) Nanan Soekarna yang mewakili Ketua Umum IMI Bambang Soesatya menuturkan, pihaknya mengapresiasi upaya HIPMI Jatim mendukung pemerintah dalam mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui even HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022.

“Multiplier effectnya besar. Bayangkan dengan ratusan peserta, akan menggerakkan industri bengkel, cat, dan sebagainya,” ungkapnya.

Dikatakan Nanan yang juga mantan Ketua Umum IMI tersebut, kegiatan seperti ini bukan tujuan tapi sarana dalam mengekspresikan nilai yang ada yakni pariwisata dan ekonomi.

“Saat ini ada sekitar 1.200 even balap yang menjadi agenda IMI setiap tahun, baik motor atau mobil. Kami bersyukur even-even ini kembali bisa digelar karena kondisi sekarang sudah mulai membaik disemua sektor. Sesuai tag line pemerintah, Pulih lebih cepat, Bangkit lebih Kuat,” jelasnya.

Ketua Pelaksana HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022, Nagara Ardito menjelaskan, even yang kembali digelar setelah vakum lebih dari lima tahun tersebut juga menjadi momen kebangkitan sport tourism di Jawa Timur seiring melandainya Covid-19.

“Kita patut berbangga karena Jatim dipercaya sebagai seri pembuka dan kedua. Dan kami mengapresiasi tingginya animo peserta yang datang dari berbagai kota di Indonesia,” ungkapnya.

Dia menambahkan, jumlah pendaftar pada HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 melampaui ekspektasi, karena ada 101 peserta di Seri 1, dan 98 peserta pada Seri 2.

“Bahkan yang menarik adalah ada peserta yang mendatangkan mobil terbaru dan diterjunkan pertama kalinya di ajang kali ini, yakni Yaris GR Sport dan beberapa mobil lainnya,” bebernya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menghadirkan track mini WRC tapi dengan kearifan lokal. “Ini adalah yang kali pertama sprint rally dengan tema seperti WRC dan akan disiarkan secara live streaming. Jadi seluruh masyarakat bisa menonton,” tutupnya.

Penulis: Hendra Sonie | Foto: HS