Ketika AI Beri Sentuhan Seni Untuk Otomotif

508
BMW i5 AI
Sentuhan AI di BMW i5 Pada Ajang Art Basel 2023. Foto: BMW

Otomotifzone.com – MUNCHEN/BASEL. Saat era AI (Artificial Intelligence) atau dalam bahasa singkat Indonesia ialah, sebuah kecerdasan buatan. Merupakan simulasi atau tiruan kecerdasan manusia, yang diproses oleh mesin khususnya sistem computer.

AI sendiri saat ini sedang berkembang pesat dalam industri kreatif. Seluruh permasalahan dan pekerjaan terasa ringan, karena dibantu dengan mudah olehnya. Jika digunakan dengan sebaik-baiknya, ini merupakan device yang penting dan menjadi asset sebuah pekerjaan.

Saat ini AI juga telah merambah ke dunia otomotif. Buktinya adalah, saat perayaan Art Bassel 2023, yang berlangsung pada beberapa waktu lalu (12-18/6/2023), bertempat di Basel. Pabrikan raksasa kendaraan roda empat, yaitu BMW dengan bangga memamerkan sebuah karyanya yang mendapat sentuhan seni dari AI.

BMW i5 AI
Pementasan Seni Dari AI di BMW i5 Pada Ajang Art Basel 2023. Foto: BMW

Art Bassel sendiri ialah sebuah ajang pameran seni dunia, yang telah ada sejak 1970. Pada tahun ini ada 4 tempat yang dikunjungi. Maret lalu di Hongkong, Juni ini Basel, Oktober nanti di Paris, dan Miami pada Desember mendatang di tahun 2023 ini.

Pada ajang Art Basel 2023 tersebut, BMW dengan bangga memajang BMW i5 Electric Vechile yang memiliki tajuk “The Electric Canvas”, hasil dari perpanjangan karya virtualnya “The Ultimate Masterpiece”. Karya tersebut dihasilkan oleh seniman kontemporer, Esther Mahlangu, Kohei Nawa, Eric N. Mack, Koo Jiyoon, dan Bin Woo Hyuk.

Karya para seniman itu, merupakan kombinasi unik antara seni dan teknologi yang menggunakan AI secara bertanggung jawab untuk menciptakan pengalaman seni di tempat yang imersif. Bekerja sama dengan teknolog kreatif Nathan Shipley (Goodby, Silverstein & Partners) dan Gary Yeh (ArtDrunk), animasi buatan kecerdasan buatan dibuat menggunakan model AI yang dilatih berdasarkan kumpulan data karya seniman kontemporer ternama.

BMW i5 AI
Sentuhan AI di BMW i5 Pada Art Basel 2023. Foto: 2023

Model AI ini dibangun di atas model dasar yang dilatih dari lebih dari 50.000 gambar yang mencakup 900 tahun sejarah seni. AI menghasilkan animasi abstrak yang sama sekali baru berdasarkan gaya yang dipelajari dari seni klasik dan kontemporer, yang kemudian diproyeksikan ke BMW i5.

“BMW telah menjadi yang terdepan dalam teknologi dan desain inovatif untuk menciptakan mobil mutakhir. Dengan ‘The Electric AI Canvas’, dunia virtual dan fisik bertabrakan, dan hubungan antara indra manusia dan kecerdasan buatan sebagai alat untuk menciptakan karya seni baru dapat dirasakan,” kata Paul de Courtois, Presiden & CEO BMW (Swiss) inc.

BMW i5 AI
BMW i5 Mendapat Sentuhan AI di Pementasan Art Basel 2023. Foto: BMW

“Kami melihat eksperimen seperti ini sebagai bagian dari percakapan awal yang menarik tentang cara AI dapat digunakan dalam pembuatan karya seni.” Ungkap Nathan Shipley.

Animasi yang baru dibuat ini dipamerkan untuk pertama kalinya, sebagai pengalaman seni di tempat menggunakan pemetaan proyeksi ke BMW i5, dan beralih melalui gaya dan estetika khas masing-masing artis. Animasi diperkuat dan dipantulkan oleh cermin, membiarkan yang melihat terbenam dalam pengalamannya.