Launching Arjuna TMO EV UGM, Mantab Bersiap Ikuti FSAE Japan 2019

39

OtomotifZone.com-Jogja. Maju kembali tim mobil listrik dari teman-teman mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang mengabarkan nama Tim ARJUNA TMO EV UGM. Mereka hadir sebagai perwakilan Indonesia dalam kompetisi Formula Student Automotive Engineer (FSAE) Japan 2019. FSAE Japan ini merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh SAE International (Society Automotive Engineer) dan pesertanya meliputi tim mahasiswa dari berbagai universitas di seluruh dunia. Kompetisi ini dibagi menjadi beberapa kelas disesuaikam dengan spesifikasi mobil diantaranya ICV (Internal Combustion Vehicle), EV (Electric Vehicle), Hybrid, dan Driverless.  FSAE Japan mengusung penerapan Monozukuri Skill (Monozukuri merupakan kata dari bahasa Jepang yang berasal dari kata “mono” berarti produk atau barang dan “zukuri” berarti proses pembuatan, penciptaan atau produksi) dimana mahasiswa merancang dan membangun sendiri mobil Formula.

Kompetisi ini menuntut standar internasional dari segi performa tim maupun mobil yang diikutsertakan. FSAE Japan 2019 akan diselenggarakan pada tanggal 27-31 Agustus 2019 di ECOPA Stadium, Shizouka Prefecture, Jepang, diikuti oleh 98 tim mahasiswa dari berbagai negara di dunia.

“Kita terdiri dari 38 personil. Kerja keras teman-teman akhirnya selesai pada Launching tanggal 15 Agustus 2019 kemarin. Dibandingkan mobil tahun lalu kali ini modifikasi diseluruh bagian mas, mulai dari frame, body, hingga kaki-kaki. Lalu peningkatan performa motor listrik juga. Yang di unggulkan pada mobil 2019 ini model mobil yang lebih ringan dari mobil generasi sebelumnya mas, terus designnya lebih aerodinamis,” ungkap Ariestyan Darmawan sebagai  ketua tim.

Tim ARJUNA TMO EV UGM akan menjadi perwakilan dari Indonesia untuk kelas mobil listrik atau EV.  Mobil listrik atau EV (Electric Vehicle) sendiri adalah mobil yang digerakkan dengan motor listrik dan biasanya bergerak dengan energi yang tersimpan dalam baterai.

Sejak pertama kali dibentuk pada tahun 2012 hingga tahun 2016, tim Arjuna TMO EV UGM telah meraih berbagai penghargaan dalam kompetisi skala nasional yakni KMLI. Mulai mencoba menguji perfoma mobilnya dalam skala internasional dengan mengikuti FSAE Japan 2017 yang juga sebagai tim EV pertama yang mewakili Indonesia di FSAE Japan 2017 dan berhasil menjadi 2nd Best Overall Result for ASEAN serta 4th Best Business Presentation.

Selain itu mereka juga ikut pameran otomotif berskala nasional seperti GIIAS 2017, GIIAS 2018, IIMS 2018 dan yang akan datang IEMS 2019 sebagai  tempat memamerkan karya.

Mobil Arjuna generasi ke tujuh ini menggunakan motor BLDC Emrax 208 80 kW yang disuplay dengan baterai Li-Ion NMC Volt, 300 Ampere.

Masih mempertahankan space frame dari steel tube namun memiliki desain yang lebih ringan dan lebih rigid dari tahun sebelumnya, serta dipadukan dengan sisi ergonomis bagi driver.

Target besar untuk perlombaan FSAE-Japan 2019 ini antara lain adalah menjadi tim pertama dari Indonesia yang lolos inspeksi dan mengikuti seluruh rangkaian static dan dynamic event.  Mengingat sejauh ini belum ada tim EV dari Indonesia yang berhasil lolos dalam fase tersebut, Tim Arjuna TMO EV UGM berharap mampu menjadi pioneer sebagai tim formula EV terbaik.

Tim ini juga berhasil mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik dari pihak Unversitas maupun pihak luar diantaranya Toyota Motor Oil (TMO) sebagai sponsor utama. Lalu Suzuki selaku Official Partner of Automotive Brand, lanjut PT PPJB, Kementerian Perindustrian, dan Pegadaian.  Pertamina MOR IV, Krisbow Indonesia dan Inalum. Untuk komponen dan peralatan dalam pembuatan mobil listrik, tim ini juga turut didukung oleh Krisbow Indonesia, Wurth Elektronik, ISTW dan Bender sebagai Official Supplier. Terakhir, untuk perjalanan ke Jepang, tim didukung oleh Silk Air sebagai Official Travel Partner.

Harapannya mereka dengan segala persiapan dan usaha  yang telah dilakukan oleh Arjuna tahun ini, dapat membawa Arjuna mencapai target-targetnya di FSAE Japan 2019 serta dapat membawa dan mengaharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional. Ganbate Dab!!!!

Penulis : Hafid | Foto : Arjuna UGM