MotoGP Inggris 2021 : Fabio Quartararo Juara, Aleix Espargaro Bawa Aprilia Podium Pertama Kali

55

OtomotifZone.com. Fabio Quartararo, rider tim Monster Yamaha meraih juara pertama dalam lanjutan MotoGP 2021 di sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (29/8). Sedangkan Aleix Espargaro cetak sejarah, karena dapat membawa tim Aprilia Racing Team Gresini naik podium untuk pertama kalinya di ajang kelas premier meski hanya berada di posisi tiga.

Perjalanan balap di seri Inggris kali ini berlangsung seru, dimulai dari lap awal selepas start posisi pertama dikuasi oleh Pol Espargaro yang langsung memimpin karena rider tim Repsol Honda itu berada di urutan terdepan.

Drama jalannya balapan dimulai dengan insiden crash yang di alami oleh Marc Marquez, dan Jorge Martin, pembalap Pramac Ducati di tikungan 9 saat balap baru berjalan 1 putaran.

Akibat dari kejadian itu, kedua pembalap tersebut tidak dapat melanjutkan balap dan langsung masuk paddock. Setelah itu pertarungan berlanjut dengan perburuan posisi pertama yang di incar oleh Fabio Quartararo dan dimulai dari lap ke-3 dengan menyalip Francesco Bagnaia.

Masuk ke lap-4, El Diablo mampu melewati Aleix Espargaro untuk berada di urutan kedua. Dan tidak butuh waktu lama, pembalap asal Prancis ini naik ke posisi pertama di tikungan 12 dengan menyalip Pol Espargaro, hingga bisa terus melaju semakin jauh dan terus memimpin balapan.

Fabio Quartararo, juara di seri MotoGP Inggris 2021

Posisi dua yang mampu direbut Aleix Espargaro dari sang adik, Pol Espargaro, mendapat gangguan dari Alex Rins. Dan terbukti, di lap ke-12 pembalap tim Suzuki itu bisa merebut posisi kedua.

Tidak mampu mengejar Fabio Quartararo yang berada jauh di depan, Alex Rins nampak bermain aman untuk berada di posisi dua. Berbeda dengan apa yang dialami Aleix Espargaro, karena harus berjibaku dengan Jack Miller, pembalap tim Ducati yang mengincar urutan tiga.

Dan hampir saja Aleix Espargaro kehilangan posisi podium, karena jelang tiga tikungan di lap akhir sempat di rebut oleh Jack Miller. Namun di satu tikungan akhir jelang finis, Aleix Espargaro bisa meraih kembali posisi ketiga dan sekaligus untuk mempersembahkan tropi yang pertama kali bagi tim Aprilia di sepanjang gelaran MotoGP.

Aleix Espargaro bawa tim Aprilia juara pertama kali di MotoGP Inggris

Begitu pula yang dirasakan oleh Alex Rins, menjadi runner-up di seri Inggris kali ini adalah podium pertama baginya di musim 2021.

Berikut adalah hasil balapan MotoGP Silverstone Inggris selengkapnya :

  1. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
  2. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
  3. Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP)
  4. Jack Miller AUS Ducati Team (GP21)
  5. Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)
  6. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
  7. Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16)
  8. Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)
  9. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
  10. Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21)
  11. Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16)
  12. Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)
  13. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
  14. Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21)
  15. Luca Marini ITA VR46 Avintia Ducati (GP19)
  16. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)
  17. Cal Crutchlow GBR Monster Yamaha (YZR-M1)
  18. Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
  19. Jake Dixon GBR Petronas Yamaha (YZR-M1)

Did Not Finish

Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP21)
Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

Penulis : Obeth | Foto : motogp