MotoGP Le Mans Prancis 2021 Penuh Drama Karena Faktor Cuaca

99

OtomotifZone.com – Bandung. Putaran MotoGP yang bergulir di sirkuit Le Mans Prancis 2021, Minggu (16/5), penuh dengan banyak drama karena disebabkan faktor cuaca. Selain memastikan podium juara bagi Jack Miller, pembalap tim Ducati Lenovo, seri kali ini ada beberapa rider andalan lainnya yang mengalami crash setelah di lap-lap awal hujan sempat membasahi lintasan.

Pada awal lap selepas start, Jack Miller langsung merangsek ke barisan terdepan dan memimpin jalannya lomba. Balapan baru berjalan, Franco Morbidelli mengalami crash di tikungan ke 11. Kemudian drama balapan pun di mulai, setelah Maverick VinĂ les berhasil merebut posisi pertama dari Jack Miller di lap ke dua. Namun hal itu tidak berlangsung lama, karena di lap empat Fabio Quartararo turut meramaikan persaingan di barisan terdepan dan sempat berada di posisi pertama tapi berhasil di rebut kembali oleh Jack Miller.

Hujan pun mulai turun di putaran ke empat dan marshall mengibarkan bendera putih karena wet race di sepanjang sirkuit. Setelah ganti motor tepatnya memasuki lap ke lima, Jack Miller nyaris tergelincir yang membuatnya sempat keluar lintasan. Namun pembalap Australia itu bisa pertahankan posisinya dan melanjutkan balapan.

Saat akan mengganti motor di paddock, Jack Miller tertangkap kamera karena motornya melebihi batas kecepatan maksimum di paddock area yaitu mencapai 74 Km/jam, yang seharusnya adalah 60 km/jam. Hal itu yang membuatnya terkena pinalti bersama dengan Francesco Bagnaia.

Sempat terkena penalti, Jack Miller juara di Le Mans Prancis

Setelah itu, satu persatu para pembalap lainnya mulai terkena efek lintasan yang basah dan kali ini menimpa Alex Rins yang tergelincir di lap ke enam. Lalu di lap ke 9, Marc Marquez yang sempat memimpin jalannya balap malah mengalami crash di tikungan ke 14 dan sempat terlempar dari Honda RC213V besutannya. Namun rider tim Repsol Honda ini masih dapat melanjutkan jalannya balapan dan berada di urutan ke 18.

Jatuhnya Marc Marquez ini, membuat Fabio Quartararo kembali ambil alih posisi pertama dan di susul Jack Miller serta Takaaki Nakagami. Nasib kurang baik kembali menimpa Alex Rins yang untuk kedua kalinya kembali crash dan kali ini di tikungan ke 3 pada lap ke 14.

Begitu pula kejadian yang di derita oleh Marc Marquez yang kembali crash akibat tergelincir di tikungan 6 pada lap ke 18 dan membuatnya harus masuk paddock. Dan peta persaingan di kelas premier ini berlanjut dengan perebutan posisi 3 besar, di mulai pada ap ke 22 Johann Zarco mampu merebut posisi dua dari genggaman Fabio Quartararo.

Dan pada akhir balapan, Jack Miller bisa mempertahankan posisi terbaiknya dengan meraih podium juara di sirkuit Le Mans, Prancis, dan di ikuti oleh Johann Zarco di posisi kedua serta Fabio Quartararo harus puas berada di urutan ke tiga.

Dengan hasil ini, posisi klasemen sementara MotoGP 2021 kembali di pegang Fabio Quartararo dengan total 80 poin. Lalu urutan ke dua ada Francesco Bagnaia yang turun satu peringkat dan tertinggal 1 poin dari Quartararo yaitu 79 poin. Urutan tiga ada Johann Zarco dengan 68 poin dan posisi ke empat diraih Jack Miller yang berhasil meraup 64 poin.

Penulis : Obeth | Foto : Crash.net & motogp.com