MXGP Italia 2021 : Jeffrey Herlings Tempel Ketat Tim Gajser

93

Otomotifzone.com. Jeffrey Herlings akhirnya semakin menempel ketat posisi Tim Gajser dalam lanjutan seri tiga gelaran MXGP 2021 yang berlaga sirkuit Maggiora, Italia, Minggu (4/7). Menariknya dalam dua race yang berjalan kali ini, silih berganti posisi pembalap di tangga podium terbaik membuat persaingan pun jadi makin sengit.

Tentunya hal itu akan berimbas pada posisi klasemen yang bakal bisa berubah, jika satu pembalap di posisi lima besar ada yang terlempar atau bahkan naik podium tertinggi yang dapat menambah poin. Saat ini, Tim Gajser, crosser Slovenia dari tim Honda masih memimpin di urutan teratas, dan dengan melihat hasil di putaran ketiga ini hanya terpaut selisih enam poin dengan Jeffrey Herlings dari tim KTM.

Di race 1, Romain Febvre dari tim Monster Energy Kawasaki Racing Team, seolah tanpa beban hingga meraih podium pertama dan dapat meredam perlawanan sengit yang ditunjukkan oleh Jorge Prado, dari tim Red Bull KTM Factory Racing di posisi kedua.

Bagi pembalap asal Prancis tersebut, race pertama di Italia ini adalah kemenangan yang pertama kalinya setelah seri di Rusia hanya bisa podium dua saat race 1 dan seri berikutnya di Inggris juga urutan kedua di race 2.

Ketika race 2 berjalan, giliran Jeffrey Herlings, yang mulai tebar ancaman dan akhirnya bisa naik podium teratas dengan meninggalkan Glenn Coldenhoff yang terpaut selisih jarak 6,991 detik. Herlings tidak dengan mudah bisa melibas posisi Coldenhoff, karena sebelumnya urutan pertama selepas gate start bisa dikuasai oleh pembalap Yamaha tersebut.

Jeffrey Herlings naik podium pertama di race 2 MXGP Italia 2021

Berkat kesabaran serta kejelian Herlings, ketika memasuki beberapa lap terakhir mampu menyalip posisi Coldenhoff yang akhirnya membawa crosser tim KTM itu naik podium pertama. Romain Febvre justru bernasib malang, karena tidak dapat lanjutkan balapan setelah mengalami beberapa kali insiden.

Posisi pemuncak klasemen saat ini, Tim Gajser, pembalap tim Honda, juga kurang beruntung, karena hanya podium urutan kelima di race 1 dan di race 2 melorot ke posisi 6. Meski masih aman, tapi semakin di tempel ketat oleh Jeffrey Herlings.

Seri berikutnya MXGP 2021 putaran empat, akan di gelar di sirkuit Pas, Belanda, 18 Juli 2021 mendatang. Akankah posisi klasemen nanti bakal berubah, ataukah Tim Gajser kembali menjadi kampiun untuk tetap bisa menjauh dari kejaran Jeffrey Herlings dan rival lainnya?

Penulis : Obeth| Foto : mxgp.com