Honda Accord CM5 2003 : Si Aspal nan Sporty dan Eksotis

275

OtomotifZone.com – Surabaya. Honda Accord CM5 2003 facelift New Honda Accord 2017 milik Viriya Nanda Susanto memang menarik untuk dilirik. Walaupun tahapan yang dilakukan Renaldo Kresnata Wibowo, sang modifikator, dalam memodifikasinya tak sesederhana seperti yang terlihat. Apa saja yang dilakukan untuk mengubahnya? Langkah awal adalah mengganti seluruh body, mulai dari Wide Body, Body Kit hingga kap mesin.

“Tantangan justru ketika mengubah facelift. Karena konturnya jauh beda antara tipe lama dengan yang baru. Untung di sedan ini sudah terpasang Moonroof, sehingga terlihat sporty dan eksotis. Moonroof ini juga hanya satu di Indonesia, impor dari Korea. Biasanya Moonroof standar berbentuk datar, kalau ini agak melengkung,” ucap pemilik Zoom, salah satu bengkel modifikasi yang cukup punya nama di wilayah Jawa Timur ini.

Demi memperkokoh tampilan, Renaldo melekatkan Velg Work Wheels Meister S1 berbalut karet bundar Toyo T1R ukuran 245/35/19″ depan dan 285/30/19″ belakang pada area kaki-kaki. Diperkuat penambahan Disc Brakes Brembo 6Pot 360mm Drilled Rotor (depan) dan 4Pot 360mm Drilled Rotor (belakang) di sektor pengereman. Plus Air Suspension Ball On untuk tingkatkan kenyamanan berkendara.

Melongok interior, jok New Honda Accord Aspal (asli tapi palsu) ini dibungkus Full Re-Design & Stitching Rainbow produk MB Tech Seat. Kemudian seluruh kabin dipasangi lapisan produk Leather Pro Karbon asal Pulau Dewata, Bali. Meliputi Dashboard, kemudi, hingga panel-panel. Sayangnya, tak tampak perubahan pada perangkat sound system. Dimana audionya masih terbilang standar.

Dikatakan Viriya, memang ke depannya ia ingin mengganti perangkat audio secara menyeluruh. “Kemungkinan saya akan lakukan penyegaran. Eksteriornya mulai dari pengecatan, Body Kit, lalu kaki-kaki. Kemudian interior juga saya tambah beberapa part, serta membenahi sound system,” ungkapnya yang berprofesi distributor keramik di wilayah Semarang, Jawa Tengah.

Kembali bicara eksterior, lampu depan dan belakang sudah facelift. Lewat penyematan lampu New Honda Accord 2017. Ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi Renaldo. Pasalnya lampu tersebut belum tersedia di pasar aftermarket Indonesia. Sehingga lampu dan Running Lead-nya terpaksa diboyong Renaldo dari negeri Gajah Putih, Thailand.

“Proses pengerjaan bagian yang satu ini cukup menyita waktu. Karena harus benar-benar mengatur jatuhnya sorot lampu. Ini tak bisa sembarangan, jangan kita main pasang tapi sorot lampu tak diatur. Bisa ngaco jadinya,” terang Renaldo yang memerlukan total waktu pengerjaan mobil ini sekitar setahun, sambil menunggu ketersediaan sejumlah part yang dibutuhkan.

Lantas bagaimana dengan dapur pacu mobil yang menghabiskan total biaya modif Rp600 jutaan ini? Sebenarnya diakui Renaldo, tak banyak perubahan pada area itu. Karena mesin masih bawaan awal. “Kita hanya menambah Turbo Charger, meliputi Custom Turbo Kit menggunakan Garrett M24 AR60, RXZ Performance Inter Cooler Piping,” ujarnya.

Usai sejumlah ‘penyesuaian’ tadi, membuat New Accord ini meraih beragam penghargaan saat kontes Indonesia Automodified (IAM). Seperti gelar The King di Banyuwangi dan Jogja serta di Honda Fest 2018 Surabaya waktu lalu. “Di event IAM 19-29 April 2018, meraih tropi Car and Model Award, Hottest Car Display, The Perfect Paint, Instance, Best Flush, Finest Fitment-Air Rade, The IAM Rep, Best Interior-Vibe, Best VIP Japanese, Best Saloon, People Choice Best Car dan The Best Asian Modified Car,” tutup Renaldo. Aje gile…

Naskah : Alun Segoro Foto : Zoom