Ninja 250cc Wonogiri, Mantan Peserta Sirkuit Sentul

1304

OtomotifZone.com-Wonogiri. Pensiun sebagai peserta motor balap di sirkuit sentul sekitar lima tahun yang lalu. Abis itu jadi penghuni garasi belakang toko. Muncul keinginan buat bongkar dan ganti model fisik biar gak ngonggrok males lihat. Walau nantinya cuma nongkrong lagi di garasi bentuk serta tampilan beda.

Mengenai mesin yang nempol di rangka handmade ini masih seperti waktu balapan di sentul. “Mesin porting polish dan papas head, nokes sih asli bawaan.” keterangan M. Zaky si pemilik Kawasaki Ninja yang pernah di pakainya balap OMR di sentul. Main porting dan lapas saja karena saat itu kelas sport 250 belum sampai ekstrim sekarang regulasinya.

Mesin bekas balap di Sentul. Cuma papas head dan porting polish.
Mesin bekas balap di Sentul. Cuma papas head dan porting polish.

Segera berbenah sebagian raga asli Ninja ditanggalkan. Rangka, swing arm, body panel bawaan dilucuti. Paket mesin dan shock depan yang di bawa pergi ke bengkel modifikasi. Bizz Modified – Agus Manunggal Motor di daerah Salak, Wonogiri kota tak lain kawan sendiri yang ditunjuk sebagai bengkel kepercayaan buat bikin sasis dan lain-lain. Pembuatan rangka untuk mesin 250cc ini disana. “Memakai pipa besi ukuran 1,25 dim untuk rangka bagian tengah atau rangka utama .Sedang rangka untuk kontruksi bagian lain (Sub Frame) semisal menyangga mesin pakai ukuran besi beragam mulai 1/2 mbi 3/4,” jelas Agus Bizz yang merancang rangka.

Agus Bizz, pertama bikin rangka buat 250cc.
Agus Bizz, pertama bikin rangka buat 250cc.

Selain rangka juga bikin arm sendiri tentunya dibuat model pipa dan lebih pendek. Soal bentuk disesuaikan dengan ukuran lebar yang sama dengan arm asli Ninja bagian as roda dan as ke rangka.

Arm sesuaikan lebarnya saja mirip bawaan motor.
Arm sesuaikan lebarnya saja mirip bawaan motor.

Spatboard depan belakang dibuatkan sendiri kecuali tangki yang beli custom. Perancangan rangka yang nggak getar saat riding sudah selesai. Selanjutnya memasang komponen kaki-kaki bawaan motor balapnya saat itu.
“Pengereman depan pakai master rem yamaha R6 lalu slang rem memakai merk Hell. Knalpot Cld monster carbon, Bridgestone battlax bt090 120/70-17 depan, 150/60-17 belakang.” ujar Pak Yakik, panggilan M Zaky yang juga memiliki toko aksesoris motor Gajah Putih. Lampu depan led cree 40watt, dan shock belakang merk Gazi buat tambahan aksesoris motor berkonsep Brat Style ini.

Lampu ledd 40watt.
Lampu ledd 40watt.

Selesai, dicoba riding OZ enjoy dan bertenaga. Ya iyalah, 250cc bos..
Penulis : Hafid | Foto : Hafid