Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah, Mana Yang Terbaik?

28

OtomotifZone.com – Jambi. Otozoner taukah kamu, kalo aki pada kendaraan bermotor baik roda empat ataupun roda dua itu terbagi menjadi dua jenis, ada aki kering dan aki basah yang beredar dipasaran saat ini, lalu apa perbedaanya? mana yang paling cocok untuk kamu gunakan? lalu apa keunggulan dari dua type aki tersebut?

Aki Kering

Kenapa disebut aki basah?
Disebut aki basah karena jenis aki (Accu) ini memerlukan cairan encer yang dimasukkan kedalam aki tersebut, ada dua jenis kemasan merah dan biru, kemasan merah biasa disebut aki zuur karena mengandung elektrolit asam sulfat (H2SO4). Air aki zuur hanya untuk pertama kali isi, sifatnya korosif dan berbahaya karena dapat mengakibatkan karat jika kena logam, merusak bodi plastik kendaraan dan membuat gatal jika terkena kulit.

Sedangkan untuk air aki kemasan biru, merupakan air demineralisasi atau air biasa yang sudah dihilangkan kandungan mineral di dalamnya, paling pas digunakan untu menambah volume air aki saat dilakukan perawatan berkala.

bagimana dengan aki kering?
Pada dasarnya jenis aki kering juga membutuhkan cairan hanya saja lebih padat dan bentuknya adalah gel, perbedaan lain aki basah membutuhkan perawatan rutin, sedangkan aki kering yang sifatnya bebas perawatan atau bisa disebut juga dengan maintenance free (MF).

Lalu jenis aki mana yang lebih awet? sebenarnya tergantung bagaimana anda sebagai pemilik kendaraan. Aki basah dikenal lebih awet dan panjang umurnya selama otozoner selalu menjaga volume airnya jangan kurang dari volume yang ditentukan pabrik. Biasanya harus dicek setiap dua bulan sekali untuk kendaraan yang tingkat penggunaannya tinggi.

Aki Basah

Berbeda dengan aki basah, jenis aki ini sama sekali tidak memerlukan perawatan rutin, namun aki kering rata-rata memiliki umur sekitar 1,5 tahun atau 2 tahun harus diganti dengan yang baru.

Janis aki apa yang cocok otozoners gunakan?
Gunakan aki kering jika otozoners adalah orang yang masuk dalam kategori sibuk dan kurang faham tentang bongkar pasang kendaraan dan gunakan aki basah kalo otozoners adalah orang yang masuk kategori rajin ngoprek kendaraan, disamping itu juga harga aki basah lebih murah dibandingkan dengan aki kering.

Simak terus berita-berita seputar dunia otomotif, hanya di otomotifzone update teruuuss..!

Penulis/Foto : Suhendri Wibowo