Test Ride All New Honda PCX 160: Kunjungi Tempat Hits Sembari Ngabuburide

150

OtomotifZone.com – Sidoarjo. Beberapa waktu lalu PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim), main dealer motor Honda wilayah Jatim dan NTT telah melaunching gacoan barunya, All New Honda PCX 160. Matik besar Honda ini tampil dengan sentuhan desain lebih agresif, selain itu yang jadi daya tarik utama Honda menyematkan mesin baru 160cc yang didukung fitur baru.

Kali ini MPM Honda Jatim memberi kesempatan Otomotifzone.com untuk menjajal langsung PCX 160 dengan mengunjungi beberapa tempat hits sekaligus ngabuburide di kota Sidoarjo, Jawa Timur.

Lokasi: Citra Harmoni, Sidoarjo
Lokasi: Citra Harmoni, Sidoarjo

Seperti apa ulasannya? Yuuk simak liputannya

Design

Lokasi Vlog Cafe Sidoarjo

Tidak bisa dipungkiri, matik gambot ini terlihat elegan, mewah, dan premium. Namun kini tampil dengan desain garis lekuk yang lebih tajam, beda dengan generasi sebelumnya.

Kesan mewah terlihat dari desain lampu depan yang baru dengan posisi yang lebih horizontal dan melebar. Sementara diburitan sedikit mengalami perombakan dengan membuat desain stoplamp lebih simpel dari generasi sebelumnya, namun tetap mempertahankan huruf ‘X’ saat lampu rem menyala.

Stoplamp lebih simpel

Riding Position

Riding Position rileks dan nyaman

Pertama kalo duduk di jok Honda PCX 160, tester OZ yang memiliki postur 163 cm tidak dapat menapakkan kaki dengan sempurna. Ini karena PCX 160 memiliki tinggi 764 mm, dengan ground clearence 134 mm.

Dengan desain jok berundak (terpisah dengan boncenger) membuat rider nyaman berkendara baik saat riding perkotaan maupun turing.

Bagian dek juga cukup luas karen lebih panjang 3cm dari generasi sebelumnya, sehingga dengkul tidak mentok pada bagian depan dan bisa bebas selonjoran.

Posisi stang tidak beda dengan generasi sebelumnya. Jaraknya tak terlalu jauh, tapi juga tidak dekat membuat rileks saat berkendara.

Honda PCX 160 juga dibekali fitur-fitur anyar seperti: smart key, box charging (untuk mengisi baterei) gadget tanpa adaptor lighter

Sedangkan bagasi, Honda PCX 160 mempunyai ruang yang lebih luas dikelasnya bahkan dari generasi sebelumnya. Terbukti daya tampungnya naik 2 liter (28 liter menjadi 30 liter). Itu sebabnya dapat mengakomodir helm half face, dan barang-barang lain bawaan rider.

Kapasitas Bagasi 30 Liter

Performa

Mesin 160 cc eSP+, SOHC, 1 silinder, 4 katup, PGM-Fi.

Skutik premium Honda kali ini mengusung mesin eSP+, SOHC, 1 silinder, 4 katup, PGM-Fi. Beda dengan PCX 150 yang masih mengandalkan mesin 149 cc, 2 katup. Dengan mesin baru tersebut OZ cukup puas dengan performa All New Honda PCX 160 saat kencan kota-kota. Mesin barunya terasa lebih powerfull dari generasi sebelumnya yang punya power 10,8 kW dan torsi 13,2 Nm. Sedangkan All New Honda PCX 160 memiliki tenaga maksimal hingga 11,8 kW di 8500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm di 6500 rpm.

Meskipun akselerasi awalnya smooth alias tidak menyentak, tenaga All New Honda PCX 160 sudah terasa dari awal hingga atas. Ini karena karakter mesin overbore yang dimiliki PCX 160, dari diameter silinder (bore) yang naik (dari 57,3 mm menjadi 60,0) dan jarak piston (stroke) menjadi lebih pendek (turun menjadi 55,5 mm dari 57,9 mm).

Gejala ‘Gredeg’ yang dialami Honda PCX 150 juga tidak dirasakan pada All New Honda PCX 160 saat digeber OZ. Motor tetap stabil ketika digeber di trek lurus.

Konsumsi BBM

Konsumsi bbm 44,6 km/liter

Untuk pemakaian dalam kota (harian) dengan berbagai kondisi jalan, berbagai kondisi lalu-lintas, dan berkendara secara umum (kadang pelan kadang kencang). Multi Information Display (MID) All New Honda PCX 160 tertera angka konsumsi bbm rata-rata 44,6km/liter. Sedangkan kapasitas tangki 8,1 Liter.

Kapasitas bbm 8,1 liter

Handling dan Rangka Baru

Selain mesin, Honda meningkatkan kenyamanan All New Honda PCX 160. Terbukti dengan menanamkan Honda Selectable Torque Control (HSTC) sebagai pengontrol traksi yang dimiliki Honda Forza.

Untuk menjaga performanya, All New Honda PCX 160 dibekali kaki kaki dengan ban yang lebih lebar, dari profil semula 100/ 80-14 (depan) dan 120/70-14 (belakang) menjadi 110/70-14 (depan) dan 130/70-13 (belakang) melalui sentuhan desain velg baru Y shaped 5 spoke.

Honda juga melakukan ubahan pada bagian suspensi belakang dengan stroke lebih panjang 15 mm, axle stroke dinaikkan jadi 10 mm. Benar saja, saat OZ melibas jalan keriting motor tetap nyaman dikendarai.

Untuk mengimbangi performa barunya itu Honda mengimbanginya dengan membekali All New Honda PCX 160 rem ABS (tipe tertinggi). Beberapa kali OZ menarik tuas rem dalam-dalam untuk merasakan akurasi pengereman (hanya rem depan). Hasilnya roda depan tidak terkunci sehingga berhenti lebih aman.
ABS membuat pengereman jadi lebih aman

Untuk mengimbangi performa barunya itu Honda mengimbanginya dengan membekali All New Honda PCX 160 rem ABS (tipe tertinggi). Beberapa kali OZ menarik tuas rem dalam-dalam untuk merasakan akurasi pengereman (hanya rem depan). Hasilnya roda depan tidak terkunci sehingga berhenti lebih aman.

Rangka Baru All New Honda PCX 160

Dari semua itu yang mempunyai peranan penting adalah Rangka Baru PCX 160. Kali ini menggunakan rangka baru model double cradle. Strukturnya berbeda jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Itu sebabnya Matik gambot ini handlingnya tetap lincah saat diajak membelah kemacetan kota. Asiknya lagi ketika dibuat manuver motor lebih nurut dan stabil.

Penulis: Hendra Sonie | Foto: HS