Untung dan Rugi Melepas Filter Udara Sepeda Motor

23289

OtomotifZone.com – Bandung. Diseluruh kendaraan bermotor yang diproduksi seluruh pabrikan pasti disisipkan salah satu komponen paling penting yaitu saringan udara/air filter.

Filter udara memilki peranan penting untuk Engine.  Ketika Engine beroperasi, maka pada saat langkah hisap atau dalam keadaan vacum akan “menyedot” udara yang mengandung berbagai macam partikel seperti debu kedalam Engine.

Partikel ini dapat berpotensi merusak komponen Engine kendaraan. Pada waktu yang bersamaan udara kotor dari luar akan melewati filter udara kemudian masuk menuju Engine. Maka fungsi filter udara bisa dikatakan sebagai sistem pembersih yang menghilangkan setiap partikel yang dapat mebahayakan engine dan mempengaruhi knerja pada engine. Filter udara pada umumnya mampu mencegah sekitar 99% partikel kotor yang masuk kedalam Engine.

Nah ini dia yang terjadi masyarakat umum sekarang. Kebanyakan pengguna sepeda motor melepaskan komponen penting ini dengan alasan menambah performa dan tarikan gas semakin ringan. Memang benar bro, akan tetapi secara empiris melepas saringan udara dapat menambah peforma mesin dan terasa secara signifikan perbedaanya.

Trik ini biasanya dilakukan oleh mekanik balap agar motornya semakin bertenaga. Tetapi pada dasarnya membuka saringan udara sama saja dengan membuka jalan pertikel untuk masuk dan merusak kendaraan sendiri. Sebaiknya apa yang sudah dirancang oleh para insinyur yang telah merancang kendaraan diperhatikan baik-baik. Fungsi dan cara kerjanya tidak hanya sebatas memikirkan hasil yang akan didapat dari performa kendaraannya saja.

Adapun solusi dari OZ agar udara yang dihisap bersih dan power tetap joss yaitu dengan menggunakan filter udara Khusus yang dirancang khusus untuk menyaring kotoran dengan baik tanpa menghambat aliran udara yang mengalir kedalam ruang bakar Engine.

Ada beberapa merek Filter Udara yang dirancang khusus diantaranya : K&N, Ferrox, KOSO, TDR, Faito dan lain-lain.

Harganya pun bermacam-macam dan dapat disesuaikan dengan kocek Otozoner. Jadi apapun jenis motornya mau itu injeksi/karburator jangan sekali-kali melepas filter udara ya Otozoner apalagi kendaraan yang sering dipakai didaerah yang berdebu bisa bisa batuk berdahak bahkan bisa kena TBC juga tuh. hehehe sip !

Penulis : Ajie Nur Syamsi | Foto : Ajie Nur Syamsi