Yamaha RX King 2004 Cilacap : Hasil Karya Duo Begal

61

OtomotifZone.com – Cilacap. Eits, jangan punya fikiran negatif dulu soal modifikasi Yamaha RX-King rakitan 2004 asal Cilacap, Jawa Tengah, yang merupakan hasil karya duo begal ini. Meskipun motor dengan kapasitas 135 cc ini sudah lama identik dengan julukan motor jambret, tapi itu semua hanya kiasan saja dan kini justru banyak diincar untuk dijadikan koleksi.

Yang dimaksud duo begal di sini adalah kolaborasi antara Ninuwardha sang pemilik motor serta Setiawan Teguh, rekannya yang sudah sangat akrab sejak lama. Kata begal sendiri diambil dari istilah nama Begalbiduan Management yang merupakan band dangdut koplo yang kerap dibawakan oleh Hasoe Angel dengan para biduannya yang memiliki seksi nan bodi aduhai itu.

Tampilan ‘sang Raja’ di ubah dengan konsep cafe racer

Sosok Ninuwardhana sendiri adalah pribadi yang humble alias rendah hati bahkan dikenal cukup baik oleh para jamaah kustomdiniyah alias penggemar motor kustom seputar Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen), dan juga di Tanggerang, Banten.

Ninuwardhana sudah lama tertarik model cafe racer

Yamaha RX-King ini sejatinya motor Ninu sewaktu merantau di Tanggerang dulu dan modifikasinya pun juga sudah dilakukan disana bersama dengan Iwan. Acuan modifnya mengacu pada konsep Cafe Racer, yang memang jadi pilihan dan impian Ninu. Karena faktor kesamaan hobi serta latar belakang sama yang berasal dari Maos, Cilacap, mereka wujudkan hasil kreasi ubahan pada ‘sang Raja’ ini.

Ciri kental cafe racer terletak di bagian kedok lampu model bulat

Visi misi dalam dunia kustom kultur yang sama, sepakat untuk membangun tampilan cafe racer seutuhnya yang dirakit di kosan tempat mereka mengadu nasib dulu. Step by step modifikasi kustomnya ini dirancang secara detail mulai dari segi utama motor dan juga perangkat bagian lainnya.

Bagian setang ala cafe racer ebih merunduk

Semua aksen pada bodi standar ‘sang Raja’ ditelanjangi untuk kemudian ganti baju baru dengan model cafe racer yang menggunakan bahan plat galvanis setebal 0,9mm di bagian fairing dan buntut tawonnya. Untuk tangkinya, Ninu terapkan dari miliknya Suzuki A100 karena di rasa cukup matching alias ngeklop dengan acuan tersebut.

Knalpot pasang model kolong

Kemudian untuk hampir semua bagian cover bodi dilaburi dengan warna dominan biru yang makin menambah kesan kental dengan tema cafe racer. Hasilnya benar-benar kreasi duo begal yang menawan dengan memadukan sebuah karya yang aduhai. Salut, sob!

Semua bagian bodi dilaburi warna dominan biru

Penulis : Bani | Editor : Obeth | Foto : Bani

Data modifikasi :

Fairing : Kustom by Begalbiduan Management
Tangki : Suzuki A 100
Setang : Ride It
Lampu Depan : Yamaha V-Ixion
Sein : Acepi
Tangki oli samping : Kustom by Begalbiduan Management
Karburator : TDR PE 28
Tromol Depan : Ninja 150R
Pelek Depan : Champ 1.85×17
Pelek Belakang : Rossi 2.15×17
Ban Depan : Swallow Classic 3.50-17
Ban Belakang : Swallow Classic 4.00-17
Sokbreker Belakang : Ride It
Underbone : Kustom by Begalbiduan Management
Knalpot : SMR

Modifikator : Begalbiduan Management
Telp : +62 852-2834-8772