Agenda: Seulawah eXpedition Menanti Dijelajahi Offroader

620

OtomotifZone.com – Aceh. Baru saja usai ekspedisi terberat yang dilalui offroader melintasi rain forest Kalimantan pada event Meratus eXpedition, 16-24 April 2016 dari Banjarbaru ke Batulicin di Kalimantan Selatan, kini telah menanti ekspedisi berikutnya di pulau Sumatera.

Yaps! Indonesia Off-road eXpedition (IOX) Chapter Aceh sedang mempersiapkan sebuah event serupa berstandar internasional “Seulawah eXpedition 2016” yang akan digelar 5-8 Mei dari Lamtamot ke Padang Tiji.

Tak hanya diikuti roda empat 4×4, tapi juga tersedia kategori roda dua buat motor trail adventure. “IOX Aceh menyertakan 25 rider dirtbike alumni IOX dan senior rider daerah yang sudah profesional di tingkat Asia seperti mantan crosser. Juga 4 orang peserta dari Kalimantan yang umumnya pakai motor 250-459 cc. Semuanya melalui seleksi ketat,” ungkap Musni Haffas, Ketua IOX Chapter Aceh usai survey lokasi.

Kategori roda 4 akan ikut serta 4 unit jip peserta IOX asal Aceh ditambah peserta senior dan dedengkot off-road asal Serambi Mekkah lainnya.

Memang menarik dan menantang. Pantas bila event IOX Chapter Aceh yang pertama ini bakal dilepas Pangdam Iskandar Muda di Blang Padang Banda Aceh. Kenapa di Banda Aceh? “Iya, sebab malam sebelum start akan dilantik Pengurus IOX Chapter Aceh periode 2015-2017 oleh Ketua Umum IOX pusat,” jelas Musni Haffas yang lebih akrab disapa Alex.

Ekspedisi berat ini tak hanya sekedar petualang, tapi lebih kepada pembinaan bagi offroader daerah agar bisa ikut IOX nasional yang sudah melegenda. Tentu saja harus ada seleksi di tingkat chapter dan regional seperti West Java.

Diperoleh informasi, juga diramaikan keikutsertaan Kasdam sebagai peserta motor. Termasuk komunitas otomotif seperti klub offroad dan privateer. “Harapannya jadi event terbesar setelah West Java,” harap Alex sambil menyebut telah terdaftar 45 jip peserta yang harus lolos proses scrutineering.

Penulis : Noverry Darwin | Foto : Istimewa