Bedah Duet Yamaha F1ZR AMRF BKRT Garapan Agus PTKTS Ponorogo

280

OtomotifZone.com-Ponorogo. Bebek goreng Yamaha F1ZR untuk kelas 116cc dan 125cc dari AMRF BKRT sedang naik daun di sirkuit permanen saat event besar hadir baik di Jateng-Jabar. Motor-motor garapan Agus Yulianto dari bengkel PTKTS Ponorogo kini menjadi perhatian lantaran bisa unggul di antara rival yang sama-sama ketatnya.

Pada Seri 1 ICP sirkuit Subang Bebek Standar 2T 116cc Pemula, Hafid Pratama sebagai tercepat saat sesi kualifikasi dan di teruskan sebagai juara. Runner-Up juga di Sabet Aqsal Ilham.

Bedah Duet Yamaha F1ZR AMRF BKRT Agus PTKTS Ponorogo
Duet Hafid Pratama dan Aqsal Ilham posisi 1-2 Bebek Standar 2T 116cc Pemula ICP Subang 2021.

Ada waktu pekan lalu, OZ datang langsung ke markas bengkel di daerah Carat, Jl. Pertapaan, Kauman, Ponorogo, Jawa Timur ini. Melihat langsung apa jeroan motor ini sehingga dua pembalapnya di kelas pemula sanggup bertengger di podium 1-2. Cukup gembira karena moment di Subang seperti sebuah keajaiban. Rekor perdana pasukan Ponorogo hadir di sebuah pergelaran besar dan gondol piala juara.

Ulas mengupas kunci di balik keberhasilan OZ langsung tanya dengan pawangnya. “Karakter keduanya sama. Jadi tidak banyak perbedaan satu sama lainnya untuk Bebek Standar 2T 116cc ini. Mulai dari karburator, rasio, piston dan setelan gir,” ucap Pak Agus yang kemarin juga di temani H. David Pratama, sosok yang membawa dan percaya dari bengkel ini punya potensi membuat motor kencang 2T ke event bergengsi.

Bedah Duet Yamaha F1ZR AMRF BKRT, Juara ICP Subang by Pak Agus PTKTS Ponorogo
Agus Yulianto from PTKTS Ponorogo.

Bedah tipis-tipis spek Bebek Standar Yamaha F1ZR ini dari karburator jelas standar. Cuma main mesin bubut untuk reamer lubang tengah menuju ruang bakar 23mm. Skep mengandalkan ukuran 25 sebagai patokan utama. Piston Art oversize 100 diameter 53 lancar bergerak dengan pelumas yang selalu mengandalkan merk Ipone. Per kopling Koizumi yang turut serta support juga cocok sebagai part andalan. “Untuk rasio saya racikan dan rahasia dapur. Tapi untuk kedua motor ini tetap sama ukurannya,” beber Pak Agus yang identik dengan celana ala kondangannya.

Pak Agus memaksimalkan dan lubang-lubang in ex di silinder head. “Bedanya dulu sama sekarang ya di situ. Dulu ex 40mm sekarang 39mm,” jelasnya. Urusan knalpot standar bobok percayakan kepada Creampie Muffler Jogjakarta.

Kelas Bebek Standar 2T 116cc sekarang bukan kelas supporting biasa. Team-team mesin kencang sangat presisi mengukur settingan. Dan team rombongan Ponorogo ini sekarang masuk dalam pusaran arus depan balap kelas ini.

AMRF BKRT PTKTS Ponorogo ready for fight!

Data :
Karbu : Standar reamer 23mm
Skep : 25
Piston : OZ 100 diameter 53
Knalpot : bedahan support Creampie Muffler Jogjakarta
Per kopling : Koizumi
Oli : Iphone

Penulis : Hafid | Foto : Hafid