Behind The Scene Binuang : Lika-liku Mekanik Kedua

946
Iring-iringan sesama team.
Iring-iringan sesama team.
Iring-iringan sesama team.

OtomotifZone.com – Jogja. Balap menyeberang pulau merupakan perjalanan yang patut di dokumentasikan. Bagaimana kondisi para mekanik yang merangkap sebagai driver dalam sebuah team melakukan perjalanan darat dan air. Kali ini OZ mengikuti mereka dalam perjalanan seri terakhir Indoprix 2014 di sirkuit Balipat, Binuang, Kal-Sel kemarin. Team-team Indoprix rata-rata dari pulau jawa. Dan kebanyakan base camp mereka di Jakarta,  Jogja dan Solo. Start awal hari Senin (17/11) menuju pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Jam 07.00 WIB kami bersama team Yamaha Ridlatama, Honda Cargloss AHRS, Yamaha Alfa Gandasari dan Kawasaki Manual Tech tiba di pelabuhan. Jam 10.00 Wib kami masuk antri masuk kapal. Dan ternyata tak langsung masuk. Menunggu TB atau Truck Besar memenuhi kuota. “ Biasanya sampai malam kalau nunggu kaya gini. Ya sudah nunggu saja,” gerutu Tikno dan Galih Pete driver sekaligus crew dari Manual Tech. Menunggu antri dari jam 10 pagi akhirnya jam 7 malam masuk kapal dan berangkat. Hampir sehari mennn…

IMG-20141203-WA0006

Perjalanan di laut dari Surabaya menuju Banjarmasin kurang lebih 21 jam saat berangkat. Sampai pelabuhan Tri Sakti Banjarmasin jam 5 sore, masing-masing crew langsung tancap gas menuju Balipat, Binuang. 2 jam perjalanan ke tempat mess. Pagi harinya atau hari rabu masing-masing team sudah siap menuju sirkuit. Tak ada tema leha-leha menuju balap hari minggu.  Semua harus bergegas. Ya, hari Rabu sampai Juma’at adalah sesi mencari settingan yang pas guna mengikuti kualifikasi. Dan antara hari Rabu sampai Jum’at mekanik serta crew kadang setting sampai malam. Malah hari Jum’at ada yang sampai Subuh. Bagaimana kondisi mereka? Tak sedikit mekanik yang masuk angin bro. Tenaga terporsir  kalau motor belum ketemu settingan. Cuacapun ikut andil terhadap ketahanan tubuh, memang susah dilawan.

Setting sambil kerokan. Cuaca susah dilawan.
Setting sambil kerokan. Cuaca susah dilawan.

Tak hanya crew, pembalap seperti Sigit PD dan M. Zaky juga masuk angin. “ Dari hari Kamis Sigit masuk angin. Memang kalau balap ke Kalimantan cuaca sangat berpengaruh,” tutur Sudarmono terhadap Sigit PD yang juga salah satu anggota keluarganya di rumah. Kerja keras mereka tak hanya sampai hari minggu setelah race day. Hari Senin (24/11) rombongan truck bergegas melanjutkan mudik ke pelabuhan Trisakti. Bagi mereka team-team yang gak sanggup melanjutkan perjalanan, truck boks di paketkan menuju base camp masing-masing team. Dan lagi-lagi kami harus menunggu. Antri jam 5 sore, masuk ke kapal meuju Surabaya jam 10 malam. Perjalanan 23 jam kami lalui dengan lelah. “Pekerjaan ini sudah saya lakukan sejak 95. Saat Kejurnas keliling Indonesia mas,” bilang Goentur atau Mas Ceketer, crew sekaligus driver Yamaha Alfa Gandasari.

Menunggu antrean masuk sampai malam.
Menunggu antrean masuk sampai malam.

Akhirnya sampai dengan selamat, tinggal kami bertiga dengan team Kawasaki Manual Tech, Yamaha Alfa Gandasari, dan Honda Cargloss AHRS. Makan lalu lansung tancap gas ke Jogja dan Depok. Itulah lika-liku perjuangan melelahkan para awak crew yang di tunjuk untuk membawa truc boks team berisi motor dan peralatan balap. itu baru ke Binuang. Belum yang ke Skyland yang sempat terkena rampok. Taruhan nyawa men.. Jangan anggap enteng pekerjaan mereka. Berikut sedikit foto para mekanik kedua saat IP Binuang, semangat mas bro..

Kerja sampai malam dari hari Rabu sampai malam Minggu.
Kerja sampai malam dari hari Rabu sampai malam Minggu.

_MG_0031

_MG_0053

_MG_0055

Akibat terporsis sampai tak bisa melawan kantuk.
Akibat terporsir sampai tak bisa melawan kantuk.

IMG-20141203-WA0007

IMG-20141203-WA0005

Penulis : Hafid | Foto : Hafid