Busi NGK Racing Tunjuk Tim Balap Sebagai Distributor

13822
sss

OtomotifZone.com – Jakarta. Performa motor balap di ajang balapan tentu didukung berbagai aspek. Diantaranya tunggangan yang yahud dan spare part yang berkualitas. Salah satu komponen penting tentu saja busi. Supaya kuda pacu gak ngadat dan bisa ngacir di lintasan.

 

Hal ini disikapi secara konsisten oleh PT NGK Busi Indonesia, produsen busi merek NGK di Tanah Air. NGK yang selama ini juga dikenal sebagai merek ternama penghasil busi harian, tentu tak lepas dari riset dan pengembangan busi di sektor adu kebut di sirkuit.

 

Karena itu belum lama ini NGK kembali memperkenalkan busi racing terbaru, dengan menggandeng tim balap nasional sebagai kepanjangan tangan ke konsumen di lingkup balap. Adapun busi racing yang baru diluncurkan tersebut yaitu NGK Busi Racing Competition.

Perkenalan busi ini kiranya kian melengkapi jajaran produk sebelumnya, yakni busi NGK Standar, G-Power dan Iridium. Sementara tim balap nasional yang digandeng NGK sebagai ‘distributor utama dadakan’ ini adalah Bahtera Racing dan Trijaya Racing Team. NGK pun tidak main-main, pasalnya keduanya bisa dibilang sebagai tim balap papan atas di Indonesia.

Seperti diketahui, Bahtera Racing Team, asal Tulungagung, Jawa Timur, merupakan tim yang pada musim balap tahun lalu mengantongi gelar Juara Nasional. Pebalapnya Syahrul Amin berprestasi di Kelas Sport 150cc dan 250cc, menggunakan pacuan pabrikan sudut biru.

Sedangkan dari pabrikan sudut merah, Trijaya Racing Team, sebagai salah satu skuad elit asal Kota Kembang, Bandung, Jawa Barat, juga dirangkul NGK. Maklum, pebalap andalannya, Rudi Hadinata acap kali merengkuh gelar juara dalam setiap aksinya.

“Menggandeng tim balap sebagai distributor, untuk memasarkan busi balap terbaru ini kiranya lebih tepat sasaran. Secara jaringan, jelas tim balap lebih mengerti kemana harus memasarkannya,” jelas Eko Handoko, Sales Manager OEM PT NGK Busi Indonesia. Apalagi menurutnya, sejauh ini kebesaran nama tim Bahtera dan Trijaya juga menjadi salah satu tolok ukur riset dan pengembangan busi NGK di dunia balap.

Meski perlu diketahui pula, NGK Busi Racing sebelumnya sudah dipakai tim balap pabrikan sejak 3 tahun lalu. Diantaranya Astra Honda Racing Team (AHRT) dan Yamaha Racing Indonesia (YRI). Busi balap yang dipakai kedua tim pabrikan itu, merupakan busi yang saat itu masih diproduksi di Jepang.

Kalau di Jepang, sekarang ini busi balap NGK ready buat semua cc motor. “Tapi di Indonesia untuk permulaan, kita pasok 3 (tiga) jenis dulu. Yakni buat motor bebek, 150cc ke atas dan 250cc. Jika ada permintaan untuk motor 600cc, bisa kami pesankan ke Jepang. Dengan catatan, minimal 10 pcs,” pungkas Eko.

Untuk target penjualan, AB Andra S, selaku Aftermarket Sales Manager PT NGK Busi Indonesia mengatakan tidak mengejar kuantitas. “Sasaran utama kami adalah brand awareness. Kuantitas tidaklah besar, tak sampai 5% dari keseluruhan penjualan busi NGK,” ucap Andra.

Ia menambahkan, karena sudah digunakan tim balap pabrikan, dan memakai Bahtera serta Trijaya Racing sebagai distributor. Maka on progress beberapa tim balap juga cukup banyak yang sudah memesan. “Berarti kan demand sudah ada. Tinggal terus kami coba kuatkan brand awareness-nya,” tandas Andra. PT NGK Busi Indonesia baru akan mendistribusikan NGK Busi Racing mulai 1 September 2017. Mengenai harga, pihak NGK memberi bocoran sekitar Rp 400 – Rp 500 ribu/pcs.

Naskah & Foto : Alun Segoro