Cara Agar Pengereman Kamu Berfungsi Maksimal, Lakukan Ini

445
rem motor
Tips and Trick Supaya Pengereman Motor Kamu Maksimal

Otomotifzone.com – JAKARTA. Pergantian disc brake (Kampas Rem) baik depan dan belakang, memang perlu rutin untuk dijaga. Selain untuk pentingnya keselamatan, ini juga untuk membantu menjaga umur dari part-part motor yang saling berhubungan.

Di sini Otomotif Zone ingin berbagi tips dan trik, seputar menjaga fungsi yang maksimal dari sistem pengereman. Saat part kampas rem sudah waktunya diganti, bukan hanya sekedar menggantinya tepat waktu saja.

Tetapi mengganti disc brake juga perlu memperhatikan aspek saat pemasangannya. Karena ini juga suatu hal yang penting, sebab selain menjaga umur dari part yang berhubungan dengan sistem pengereman, ini juga membantu untuk meningkatkan upaya pengereman motor.

rem motor
Bersihkan Secara Merata Kaliper Motor Yang Kotor Dan Tidak Merata. Foto: Instagram

“Saat mengganti pentingnya menjaga kebersihan kaliper dari semua debu/kotoran. Termasuk hingga kebersihan piston kaliper. Sebab kalau langsung dipasangkan, piston masih kotor. Itu bisa membuat jebol piston dan juga fungsi kaliper tidak berfungsi maksimal,” terang Krisna pemilik sekaligus mekanik HRC Rempoa Tensi Naik, saat dikunjungi oleh Penulis.

rem motor
Kaliper Yang Kotor Dan Tidak Merata Bisa Menganggu Fungsi Normal Dan Maksimalnya Pengereman. Foto: Instagram

Mekanik yang dekat disapa kumis ini, membagikan tips lainnya selain membersihkan kotoran seputar kaliper sebelum dipasang. Itu bisa mencucinya dengan sabun colek dan disikat, hingga benar-benar bersih. Selain itu juga, untuk pelumasnya disarankan untuk menggunakan Tanco (Minyak Rambut).

Pria yang telah melang-lang buana di ranah Otomotif Indonesia ini, beralasan mengapa menggunakan itu. Dikarenakan sifat dari Tanco (Minyak Rambut), tidak akan menempel dengan debu/kotoran. Sehingga pelumasan lebih maksimal dalam pengereman.