Cermati! Jangan Salah Pilih Rantai, Beda Seri Beda Peruntukan

15

OtomotifZone.com – Jakarta. Sudah tidak perlu dijelaskan lebih rinci mengenai fungsi rantai motor, otomotifzone yakin kalian sudah memahami fungsi rantai pada kendaraan bermotor, tidak ada salahnya kita bahas lebih spesifik lagi. Pertama fungsi rantai motor adalah sebagai media untuk meneruskan putaran mesin dari counter shaft transmisi ke bagian roda belakang. Dimana rantai tersebut akan bekerja dengan memanfaatkan gir. Dengan begitu roda belakang akan berputar dengan semestinya.

Rantai RO

1. Rantai RO

Rantai RO ini merupakan jenis rantai yang menggunakan seal O-Ring yang lebih kuat dari tipe LO. Seal yang terletak antara plat rantai, berfungsi sebagai karet pemisah antara plat, agar tidak saling bergesekan dan menjaga pelumasan tidak keluar. Sehingga bagian dalam rantai akan selalu terlumasi. Rantai ini cocok untuk touring dan balap. Untuk estimasi harga rantai ini kisaran Rp 450-800 ribu.

Rantai LO

2. Rantai LO

Rantai LO adalah salah satu jenis rantai seal O-Ring yang paling ringan dan ekonomis. Walaupun menggunakan O-Ring, bobot rantai ini hampir sama dengan tipe non seal (HSBT). Rantai ini sangat cocok digunakan pada motor touring maupun harian. Untuk estimasi harga rantai ini kisaran Rp 400-500 ribu.

HSB2T

3. Rantai HSB2T

HSB2T adalah rantai dengan teknologi terbaru dari SSS, rantai tipis dengan ukuran 415. Rantai ini merupakan edisi terbatas yang mengungsung kekuatan HSBT dengan penambahan Performa di bushing rantai, sehingga mampu mengeimbangi motor 250cc. Rantai tipe ini direkomendasikan unttuk penggunaan balap. Untuk estimasi harga rantai ini kisaran Rp 550-650 ribu.

HSB

4. Rantai HSBT

HSBT merupakan penggabungan teknologi konstruksi seamless bushing dan inner plat yang lebih tebal, disertai dengan jenis Grease T khusus teknologi jepang. Sehingga grease tetap melekat pada rantai dan membuat seri HSBT ini optimal. Rantai ini dianjurkan untuk motor berperforma tinggi. Untuk estimasi harga rantai ini kisaran Rp 250-500 ribu.

Rantai SSS yang didesain dengan outer plate dan inner plate yang lebih tebal serta didukung dengan bushing yang kuar, sehingga mampu digunakan untuk medan jumping dan off-road. Untuk estimasi harga rantai ini kisaran Rp 350-450 ribu.

BSB

6. Rantai HSB

Seri HSB merupakan rantai dengan teknologi gabungan antara heavy duty dan solid bushing, karena rantai ini diperuntukan untuk motor yang membutuhkan kekuatan tinggi dari biasanya. Rantai ini memiliki berbagai jenis warna, jadi cocok untuk motor yang bergaya clorfun. Untuk estimasi harga rantai ini kisaran Rp 250-450 ribu.

HSBT

7. Rantai SB Gold

Rantai jenis ini merupakan seri gold yang paling ekonomis dari SSS, dengan teknologi solid bush atau bushing silinder utuh pada bagian struktur rantai. Sehingga rantai ini tidak mudah kendor di bandingkan rantai standard. Untuk estimasi harga rantai ini kisaran Rp 200-250 ribu.

STD

8. Rantai STD

Rantai standard merupakan seri dasar dari SSS, dengan harga yang terjangkau, rantai ini memiliki kwalitas yang tidak kalah dengan OEM, seri ini sangat cocok untuk penggantian dan penggunaan sehari-hari. Untuk estimasi harga rantai ini kisaran Rp 70-100 ribu.

Sumber : SSS Indonesia