Event Setingkat Nasional Seperti SCR Contohnya Wajib di Sirkuit Permanen?

949

OtomotifZone.com – Jakarta. Sesuai rumusan pada RAKORNIS PP IMI, event Nasional balap motor dan setingkat Nasional wajib menggunakan sirkuit permanen. Ya dalam rumusan ini tertera jelas bila event Nasional dan Event Setara NASIONAL wajib sirkuit permanen?

Kalau membahas event balap motor Nasional kita tau contohnya adalah Motoprix. Kalau setara Nasional kita ambil contoh di Sulawesi ada Sulawesi Cup Race. Yang mana event Garapan Medya Saputra ini tercatat dan melakukan registrasi sebagai event setara Nasional. Sampai rekom yang ditujukan ke PP IMI adalah event setara Nasional.

Kembali lagi ke topi sirkuit permanen. Gelaran Sulawesi Cup Race contohnya memang tahun 2023 sudah menjalankan event di Sirkuit Permanen selama lima seri 2023. Mungkin Medya Saputra yang notabennya lama dalam urusan balap motor roda dua memikirkan banyak pengalaman.

“ Kalau saya contoh di SCR mementingkan keselamatan pebalap. Lalu kemasan eventnya juga lebih tertata karena kalau permanen sudah ada lahan pedok waiting zone dll. Kalau masalah biaya sebenarnya lebih murah. Tapi saya tidak mementingkan itu semua,” ujar Medya Saputra.

Lanjutnya,” Kita ambil contoh SCR jalan itu sirkuit saya sewa dua hari dengan nominal sekitar 25 juta. Lalu saya hanya tinggal bayar Listrik. Dari Hari senin peserta bisa setting dan pembayaran masuk ke management Sirkuit tersebut. Kalau non permanen sirkuit kita sewa dua hari sudah berapa, belum pagar, belum ban, belum skam, belum Listrik. Terus juga peserta tidak bisa setting dari senin,”

Benar juga, perhitungannya lebih mahal. Sirkuit permanen lebih safty dari segi lintasan karena memang di disain khusus untuk balapan. Dari aspal dan lain lainnya. Kita tunggu saja kabar event SCR 2024 di mana saja event ini akan berlabuh