FIRST DRIVE Honda BR-V: Hanya Untuk Pemberani

1774
sss

OtomotifZone.com – Denpasar, Bali. Setelah handover Honda BR-V di Jakarta dan Surabaya beberapa hari lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) bekerjasama dengan Honda Surabaya Center, diler utama mobil Honda wilayah Jatim, Bali, dan Nusra mengajak OTOMOTIFZONE dan sejumlah media dari Jakarta, Bandung, dan Surabaya untuk berpetualang menjajal gacoan barunya, Honda BR-V.

Sesuai taglinenya #Onlythebraver_challenge, selama tiga hari, Rabu-Jumat (27-29/1), para jurnalis diajak menjelajah dan mengeksplore Bali, dengan berbagai tantangan.

“Pada acara media test drive Honda BR-V kali ini kami sengaja memilih pulau Bali. Hal ini karena medan yang ada di Bali sangat bervatiatif, dari  tanjakan, turunan curam, hingga jalan off road semua ada. Kami harap rekan-rekan media dapat merasakan secara langsung bagaimana fitur dan performa Honda BR-V,” jelas Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT HPM disela media test drive Honda BR-V di Bali.

Pantai Melasti Ungasan

 

Pantai Melasti Ungasan

Pada hari pertama setelah landing di bandara Ngurah Rai, Bali, para jurnalis disambut dan diangkut menggunakan truk militer. Tentu saja ini pemandangan yang sangat berbeda dari biasanya.

 

Para jurnalis turun dari truk tentara sesampai di pantai Melasti Ungasan

Setelah istirahat makan siang, para jurnalis kembali naik trus militer menuju lokasi tujuan pantai Melasti Ungasan. Pantai yang didominasi tebing batu kapur ini terlihat masih sangat sepi dari pengunjung. Jalan aspal dan kerikil, menghiasi tanjakan, turunan dan ada tikungan tajam di pantai Melasti Ungasan.

Disini kesempatan OZ untuk mencoba Vehicle Stability. Saat melibas jalan kerikil, Dan setir kemudi diputar kekanan dan kekiri, mobil tetap enak dikendalikan meski grip roda sedikit berkurang.

Selanjutnya Hill start Assist dicoba saat melewati jalan tanjakan dan turunan curam. Benar saja, mobil tetap nyaman dikendarai tanpa terasa berat saat berhenti ditanjakan dan melaju lagi dengan ringan. Disini terlihat hill start assist mampu bekerja sempurna saat di tanjakan, dan turunan curam.

Geowisata Gunung Batur

Geowisata Gunung Batur

Kamis (28/1), para jurnalis menuju tantangan menaklukkan Geowisata Gunung Batur, Kintamani, kabupaten Bangli, untuk mengeksplore kemampuan Honda BR-V.

Para jurnalis beriringan melewati jalan off road gunung Batur

Memiliki struktur multi kaldera, Geowisata Gunung Batur didominasi batu-batu hasil muntahan gunung Batur. Pada medan ini, keunggulan Honda BR-V baru teruji. Dengan ground clearance lebih tinggi, dipadu suspensi yang lebih keras, Honda BR-V tetap lincah saat melibas jalan off road. Disini suspensi Honda BR-V bekerja dengan baik dan mampu meredam guncangan.

 

Suspensi tetap nyaman saat melibas jalan off road

OZ pun penasaran untuk mencoba akselerasi mesin. Putaran bawahnya sangat terasa, tarikan lebih responsif dibanding Honda Mobilio, sampai-sampai ban mengalami spin saat gas pertama kali dibejek habis, melibas jalan tanah di gunung Batur.

Para jurnalis mengabadikan penanaman tumbuhan Kayu Putih oleh Tomoki Uchida, Presir HMP(kiri), didampingi Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service(tengah), dan Kadek Wanap, ketua yayasan LSM Wanapeling

Selain menaklukkan Geowisata Gunung Batur, disini HPM bersama yayasan LSM Wanapeling (Wahana Peduli Lingkungan), melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan penanaman pohon Eucalyptus (kayu putih).

 

Rombongan media test drive saat difoto dari atas


Bali Safari & Marine Park

 

Berinteraksi langsung dengan satwa liar

Jumat (29/1) merupakan hari ketiga dalam media test drive Honda BR-V. Tagline #onlythebraver_challenge pada hari ke tiga tidak kalah seru dengan dua hari sebelumnya. Di Bali Safari & Matine Park para jurnalis berwisata menjelajah taman Safari, dimana hewan – hewan buas seperti Singga, Harimau, Badak, hingga Kuda Nil dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung.

 

Ground clearance lebih tinggi membuat percaya diri saat melibas genangan air

Jika pada umumnya pengunjung menggunakan trem (truk berjeruji) atau bus mini di lokasi, kali ini para jurnalis berkeliling menggunakan Honda BR-V tanpa perlindungan apapun.

Dari test drive selama tiga hari di Bali, OZ cukup puas dengan performa Honda BR-V yang mampu menjelajahi berbagai tipe jalan. Ini merupakan keandalan yang dimiliki crossover tujuh penumpang ini.
Penulis: Hendra Sonie | Foto: HS,HPM