Gass Tipis Championship 2019 Seri 2 : Kenalkan Seni Budaya Papua Lewat Balapan

220
sss

OtomotifZone.com – Bogor. Seiring perkembangan jaman event balap motor tidak hanya sekedar menampilkan ajang adu kebut saja, tetapi juga turut memadukan dengan konsep entertainment dan bahkan seni budaya daerah. Hal tersebut di tunjukan pada gelaran bertajuk Gass Tipis Championship 2019 Seri 2 berlangsung di sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (27/10).

Fenomena ini memang mulai di ikuti oleh para promotor balap karena memang hal tersebut seakan menjadi trend positif saat ini. Dimana balapan tidak sekedar menjadi ajang hiburan tapi juga jadi tempat edukasi bagi para penonton dan bahkan pembalap sekalipun. Hal tersebut membuat Eby sebagai putra daerah asli Papua, mencoba untuk memperkenalkan seni budaya dari Pulau paling ujung di Timur Indonesia ini untuk diperkenalkan di Pulau Jawa yaitu lewat sebuah event balap.

seni budaya
Eby (tengah) Mengenakan Batik Papua

Selain kecintaannya dengan balapan Eby juga sangat cinta akan tanah kelahirannya Papua dan di tunjukan dengan menggelar event balap yang turut memadukan beberapa seni dari Bumi Cenderawasih tersebut. Seperti salah satunya adalah Batik khas Papua yang di kenakan para Umbrela Girl, dan juga ikat kepala khas Papua untuk pembalap peraih podium. Tentunya ini menjadi suatu ciri khas tersendiri yang berbeda karena biasanya hanya mengangkat tema dan seni budaya dari lokasi event tersebut di gelar.

BACA JUGA :

Tapi untuk event kali ini berbeda dengan mengangkat Kesenian dari Papua di sirkuit Internasional Karting Sentul, Bogor yang notabene sebagian besar warganya adalah dari suku Sunda. Pastinya ini akan menambah wawasan bagi para penonton yang hadir dan mengetahui bahwa Indonesia itu kaya akan keanekaragaman Seni dan Budaya daerahnya.

“Event ini selain jadi penyalur hobi balap saya juga menjadi tempat bagi saya dalam memperkenalkan seni dan budaya tanah kelahiran saya (Papua) dan kedepannya saya juga berharap Papua dapat menjadi destinasi para wisatawan karena memang Papua itu kaya akan segala keindahan alamnya dan juga banyak seni dan budaya yang cukup menarik,” jelas Eby.

Tidak cukup sampai disitu, Eby juga turut menyuguhkan hiburan menarik lain bagi para tontonan di tengah break balapan yaitu adanya dancer yang cukup menghibur. Sehingga bisa dikatakan event Gass Tipis Championship 2019 ini menjadi one sportainment, art and culture.

Penulis : Nana Triana |Foto : Nana Triana