Griksi Satrad 216 Grasstrack 2021 Sukabumi : Abdullah Butet Juara Matik FFA

71

OtomotifZone.com – Sukabumi. Abdullah Butet berhasil meraih juara pertama di kelas Matik FFA pada ajang Griksi Satrad 216 Grasstrack 2021, di sirkuit Yudha Dirgantara, Satuan Radar, Cibalimbing, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, (2-3/10) kemarin. Pembalap senior tersebut menggunakan Yamaha Lexam tahun 2011, yang telah berubah kapasitas mesinnya dari 115 cc menjadi 165 cc.

Sedikit mengulas tentang Yamaha Lexam yang berbasis tampilan ala motor Bebek namun sudah bertransmisi otomatis atau matik ini, sejatinya memiliki kapasitas mesin 113,7 cc dan power 8,7 tk serta torsi 8,73 Nm. Sistem perpindahannya sudah terapkan transfer memakai V-belt, dan identik dengan sebutan Yamaha Compact Automatic Transmission (YCAT).

Kapasitas mesin Yamaha Lexam, naik dari 115 cc jadi 165 cc

Tapi untuk mendukung motor yang dijalankan di kancah balap lintasan tanah, Yamaha Lexam milik dari H. Hadad, owner tim Chovonk 70, Sukabumi ini di upgrade lagi hingga berubah menjadi 165 cc demi mengikuti kelas FFA Matik. Dan di gelaran kali ini, berhasil menjadi yang terbaik dengan merebut gelar juara pertama serta mampu memperlebar jarak dengan pembalap di urutan kedua.

“Mesinnya yang berada di depan, membuat matik ini jadi semakin kekar jika dibandingkan matik lain pada umumnya yang bagian mesin ada di belakang. Frame yang kokoh juga ikut menunjang saat dibawa balap, juga tetap aman dan stabil,” jelas Abdullah Butet.

Mesin Yamaha Lexam aslinya memang berada di depan

Saat race, pembalap yang memakai nomer start 27 ini langsung melejit ke barisan depan dan memimpin jalannya lomba. Pengalaman dari Abdullah Butet di ajang balapan tanah Jabar, bisa meredam perlawanan para rival lain dibelakangnya hingga bisa sentuh garis finish di posisi terdepan.

“Alhamdulillah, dengan main sabar dan ikuti alur persaingan dari para pembalap lainnya, saya bisa merebut juara pertama. Setingan mesin yang dilakukan mekanik juga tepat, hingga mampu bertahan sejak lap awal sampai akhir,” cuap pembalap asli dari Jampang, Kabupaten Sukabumi ini.

Abdullah Butet, juara matik FFA gunakan Yamaha Lexam

Penulis : Obeth | Foto : Obeth