Honda Karisma 125 Kalimantan Tengah : Replika Honda Monkey Kumamon

64

OtomotifZone.com – Kalimantan Tengah. Siapa sangka jika tampillan motor kecil ini merupakan replika Honda Monkey Kumamon yang berasal dari basis Honda Karisma 125, milik Taufik Hidayat asal Sampit, Kalteng.

Sejatinya pabrikan berlogo kepak sayap itu memang sudah memproduksi motor cilik dengan nama Honda Monkey, tapi kali ini adalah jiplakan yang sengaja dibuat Taufik untuk jalan-jalan sore di seputaran Kabupaten Kotawaringin Timur itu.

Dibikin ala Honda Monkey Kumamon untuk jalan-jalan sore

Honda Monkey sendiri identik dengan motor kecil, sedangkan nama Kumamon berasal dari nama beruang maskot wisata di kota Kumamoto yang ada di Pulau Kyushu, Jepang. Bentuknya memang tidak jauh dari tipe Monkey maupun Gorilla, yaitu sama-sama mungil.

Basis mesin Honda Karisma di ubah jadi model Honda Monkey Kumamon

Taufik Hidayat pun tertarik untuk memiliki besutan seperti itu, dan kali ini menggunakan basis Honda Karisma yang bakal di rombak seperti Honda Monkey Kumamon. Sampitos Custom, gerai modifikasi motor segala pakem yang beken di daerah Sampit, jadi rujukan untuk dapat mewujudkan impian Taufik ini.

“Pemilik ingin agar motor Karisma tunggangannya ini di ubah dengan model Honda Monkey Kumamon. Pokoknya dibikin agar menarik dan nyaman dibawa riding, apalagi biar bikin orang lain tertarik dengan bentuk motor cilik ini,” ungkap Wawan, builder dan juga owner Sampitos Custom.

Logo Beruang Kumamon di bagian depan tangki

Dari yang ada di Honda Karisma, cuma mesin yang diambil oleh Wawan. Sisanya bikin baru lagi seperti frame, tangki, setang dan parts lainnya hanya dibuat dari handmade dan custom. Untuk rangka, dirancang sesuai model Honda Monkey Kumamon, dengan bahan dari besi.

Tutup tangki pasang dari miliknya Kawasaki Ninja

Desain tangki dan setang di bikin semirip mungkin dengan model Honda Monkey, ditambah bentuk jok yang hanya untuk pengendara saja tanpa boncenger. Belum lagi komponen lainnya, seperti sepatbor depan dan belakang serta model rak besi kecil di atas area stoplamp.

Lampu depan comot dari variasi label Daymaker

“Komponen pendukung lainnya semisal lampu di bagian depan-belakang berikut sein, lalu kedua sokbreker serta kaki-kaki, dari produk variasi after market,” sebut Wawan.

Data modifikasi :

Pelek : Primata 10 inch

Ban : Zeneos ring 10

Sok belakang : Ride-it GP

Lampu depan : Daymaker

Spidometer : Variasi model digital

Holder : Domino

Sampitos Custom : Jl. D.I Panjaitan, No. 30, Sampit, Kotawaringin Timur

Telepon : +62 813-4969-3119

Penulis : Obeth | Foto : Istimewa