Ini Penyebab Air Radiator “Nyebrang” Ke Head Mesin Pada Motor

1603
motor matic radiator
Ini Dia Penyebabnya Air Radiator Jalan Menyebrang Ke Head Mesin Motor

Otomotifzone.com – JAKARTA. Sering sekali masalah yang dialami oleh pasukan motor utamanya matic radiator, mengalami kerusakan mesin pada bagian radiator. Di mana radiator tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Ini disebabkan karena disfungsi atau kerusakan pada jalur distribusi air radiator. Utamanya radiator hanya mengirimkan air pendingin untuk mesin motor, pada area yang telah ditentukan. Tanpa harus keluar batas jalur.

Namun pada faktanya sering sekali, apalagi untuk motor-motor matic di Indonesia sendiri. Jalur pendistribusian air pada radiator, menembus kodratnya kepada bagian mesin lainnya. Biasanya juga, ini terjadi kerusakan pada bagian head mesin. Air pada radiator istilah lumrahnya adalah “Nyebrang”.

motor matic radiator
Disfungsi Radiator Hingga Menyebabkan Kerusakan Pada Mesin Motor Matic

Ternyata dari kasus kejadian yang sering itu, sebabnya merupakan hal yang sangat ringan. Dijelaskan secara langsung oleh Krisna dari HRC Rempoa – Jakarta Selatan. Saat dikunjungi secara ekslusif di kediamannya, lewat diskusi ringan dirinya membeberkan.

motor matic radiator
Permasalahan Yang Terjadi Saat Air Radiator Menyebrang Jalan Ke Head Mesin

“Ini karena packing pada head sudah umur, melenting/kriting, tidak flat/rata. Baiknya jika pernah bongkar, setelah bongkar packing harus menggunakan baru jangan yang lama dipakai lagi. Dan pemasangan yang baru diwajibkan orisinil,” jelas darinya.

motor matic radiator
Akar Masalah Yang Disebabkan Dari Kerusakan Radiator

Selain itu ada spekulasi dari lapangan lain menurutnya. “Bisa juga karena permukaan bibir head tidak rata, denga pertemuan packing dan blok head. Itu disebabkan karena diamplas headnya, packing udah keropos juga. Juga ada lapisan lem yang masih menempel,” lanjut olehnya.

Krisna Wibisono nama lengkap darinya, juga menganjurkan apabila saat melakukan pembongkaran head agar berhati-hati. Jangan sampai meninggalkan jejak “coakan” pada bagian head. Lalu saat pembersihannya, bisa secara perlahan dan berhati-hati agar bersih maksimal.