Ini Velg Yang Boleh Digunakan Peserta Kejurnas Road Race 2020

2929
SAMSUNG CSC
sss

OtomotifZone.com – Jakarta. Tahun kompetisi balap motor sudah memasuki musim baru. Yang mana tahun 2020 kompetisi balap motor road race salah satunya akan memulai balapan kembali. Terutama event balap Kejuaraan Nasional. Yang mana ada beberapa regulasi baru untuk tahun 2020 terutama dari jenis velg yang digunakan.

Kita tau produk velg yang sudah terbukti kualitasnya. Dia adalah velg RCB. Memang banyak jenis velg ternama di Indonesia. Tapi kita lihat tahun 2019, mau dilihat dari Ajang Kejurnas, Kejurda dan event club banyak sekali tim yang menggunakan jenis produk tersebut. Ini berarti jenis velg ini sudah terbukti kualitasnya untuk kuda besi para jawara Balap Motor Road Race.

Lalu pada Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) yang dihadiri oleh 37 Pengurus Provinsi (Pengprov) di Hotel Century-Kemayoran. Rakernas yang langsung di pimpin oleh Sadikin Aksa, selaku Ketua Umum Pengurus Pusat IMI. Banyak hal yang dibahas dalam Rakernas kali ini. Selain evaluasi kerja IMI baik pusat maupun daerah selama 2019, juga membahas program kerja kedepan untuk kegiatan IMI di tahun 2020.

Salah satu agenda rapat yang banyak mendapat perhatian serius dari peserta Rakernas kali ini adalah, pembahasan agenda event balap baik Kejurda maupun Kejurnas di tahun 2020 nanti. Yang diprediksi bakal jauh lebih ramai dan padat jadwal pelaksanaanya.

Nah…ada informasi manarik nih dari hasil  Rakernas IMI untuk event balap motor tanah air di 2020 sekarang ini. Khususnya untuk Kejurnas (MotoPrix dan OnePrix), IMI sudah ‘ketok palu’ mengeluarkan regulasi wajib. Salah satunya adalah, setiap kuda besi pacu yang akan turun di Kejurnas untuk velg-nya harus memakai sport rim atau velg RCB dengan ukuran minimal 160.

Aturan main atau regulasi ini secera resmi sudah dikeluarkan oleh IMI, yang tertuang dalam Peraturan Olah Raga Sepeda Motor, Peraturan Teknik 2020 untuk event OnePrix dan MotoPrix 2020. Tepatnya di hal 29, poin ke 7, sesuai yang tertera di bawah ini;

SAMSUNG CSC

IMI mengeluarkan regulasi ini setelah melihat fakta di lapangan. Di setiap event balap di tanah air baik Kejurda maupun Kejurnas, hampir rata-rata kuda besi pacu yang turun di sirkuit pasti menggunakan velg RCB. Yang dalam hal ini di distribusikan atau dipasarkan di Indonesia oleh PT.Enwan Multi Partindo (N1). Bahkan untuk kuda besi yang menggunakan basic Yamaha MX King atau Honda Sonic 150R, sudah bisa dipastikan 90 persen memakai velg RCB type SP522. Yang sudah terkenal ringan dan kokoh (selama tidak terjadi tabrakan atau kres berat).

Menurut Rio Tan selaku Manajer Support & Promosi dari PT. Enwan Multi Partindo (N1), selaku distributor resmi part RCB asal Malaysia mengatakan. “Terima kasih kepada IMI yang mana pada rakernas 2020 telah memberikan apresiasi kepada RCB untuk menjadi velg resmi Kejurnas, ini pastinya tidak lepas atas kontribusi RCB kepada event-event dan tim-tim balap baik skala nasional maupun daerah. Dan apa yang sudah dilakukan oleh RCB khususnya di dunia balap motor,  semata- mata ingin ikut memberikan kontribusi memajukan dunia balap di Indonesia,”jelas Rio Tan .

Rio juga menambahkan, “tentunya apresiasi ini akan disambut baik oleh tim balap tanah air. Karena kebanyakan dari tim-tim balap mulai dari tingkat daerah hingga nasional, sudah merasakan kelebihan dari velg RCB yang terkenal ringannya itu. Dan sudah dibuktikan di panggung podium, juaranya rata-rata memakai velg RCB,”tutup orang yang selalu hadir di setiap event balap baik regional maupun nasional itu.