Inilah Squad Baru Gresini Racing Bersama Ducati

38

OtomotifZone.com-Spanyol. Test perdana peserta MotoGP usai gelaran final di Valencia kemarin selang beberapa hari langsung berangkat ke area seberang. Tepatnya sirkuit Jerez. Tahun ini mungkin kembali banyak warna baru usai beberapa team berpindah management serta pabrikan. Salah satunya adalah Gresini Racing yang kini bernaung di bawah pabrikan Ducati.

Setelah 6 tahun bersama Aprilia, team milik mendiang Fausto Gresini ini untuk ketiga kalinya berpindah mesin. Awal berdirinya Gresini Racing memakai Honda sejak 1998 sampai 2014. Lalu 2015 sampai 2021 bersama Aprilia dan kini mereka bersama Ducati.

Suasana semuanya serba baru di garasi. Namun rasa kekeluargaan seperti sudah mengenal lama karena Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio adalah rider lama mereka di Moto3 musim 2016. Dan akhir 2021 ini mereka reuni kembali pada kelas MotoGP.  Yang menarik, team ini malah menjadi pasukan All Italian. Setelah terakhir team utama Ducati memajang Andrea Dovizioso dan Danilo Petruci 2020.

Gresini Racing Ducati menjadi wakil negeri Pizza yang di isi orang-orang Italia baik pemilik dan dua pembalapnya sekaligus. Fabio Di Giannantonio pun bahagia menjadi bagian dari mereka lagi pada MotoGP tahun depan.

“Mencapai puncak tidak terjadi setiap hari. Tahun depan saya akan berlomba dalam kategori tertinggi dari olahraga ini dan ini adalah mimpi yang luar biasa. Hari pertama akan seperti memasuki sekolah orang dewasa. Semuanya akan menjadi pengalaman yang luar biasa, terlepas dari bagaimana kelanjutannya. Transisi dari Moto2 ke MotoGP akan sangat sulit, lebih banyak 100 tenaga kuda, lebih banyak orang di pit, lebih banyak komitmen, lebih banyak tombol di setang … Ini tentu akan menjadi perubahan besar, tapi saya merasa siap dan tidak sabar,” kata Fabio.

Enea Bastianini yang kembali membalap untu Gresini juga mengungkapkan kebahagiaannya kembali ke keluarga ini. “Luar biasa bisa kembali ke Gresini Racing, tim yang sudah seperti keluarga bagi saya dan sangat percaya pada saya di masa lalu. Faktanya, dia adalah orang pertama yang percaya padaku. Kami telah bersama selama tiga tahun dan saya hanya memiliki kenangan indah. Jelas saya akan senang untuk memulai petualangan ini dengan Fausto, tetapi keluarga Gresini disebut demikian karena suatu alasan, saya akan memiliki banyak teman dekat yang akan membantu saya. Dengan Ducati kami menemukan kesepakatan yang kami cari dan saya yakin tahun depan kami akan memiliki motor yang sangat kompetitif. Pada tahun 2022 saya akan datang lebih siap untuk kategori ini dan bahkan lebih termotivasi,” kata penyelamat team Esponsorama musim 2021 dengan dua podium.

Untuk Bastia mungkin harus di perhitungkan lagi karena rekam jejak musim lalu cukup fantastis walau dengan motor 2019. Tahun 2022 bisa menjadi ancaman..

Penulis : Hafid | Foto : Gresini Racing