Inovasi Riset Sensor Kopling Dan Suspensi Di MX-King Abakura

133

OtomotifZone.com-Sukoharjo. Riset tersebut adalah riset sensor di MX-King FFA Abakura Jaya milik Wawan Kristanto yang kombinasi, eh, kolaborasi bareng +Add Suspension. Sudah bukan hal baru jika masa riset drag bike merambah di luar mesin bukan kali ini aja. Contohnya riset ban, frame, sparepart pendukung lainnya yang terus ada perkembangan. Tapi kali ini ada riset anyar lain dari pada yang lain.

Ada dua sensor, yang pertama sensor kopling dan yang kedua sensor suspensi belakang. Sensor kopling untuk mengetahui seberapa lama pembalap tersebut menahan rpm sebelum start ketika sedang start sampai lampu sudah mati. “Tapi inti pemasangan sensor ini untuk pembacaan kerja shock mas, ketika kopling dibuka nanti kerja shock jadi seperti apa gitu mas, shock sudah bekerja dengan baik atau belum nanti kelihatan mas,” jelas salah satu mekanik paling di kenal di Solo ini. Kedua sensor tersebut di baca dalam dataloger nanti.

Inovasi Riset Sensor Kopling Dan Suspensi Di MX-King Abakura
Alat sensor di suspensi..

Perburuan arena 201m dengan waktu 6 detik saat ini sangat-sangat ketat. Sampai detailnya mencari data di suspensi karena dianggap punya unsur penting ketika hentakan mesin merubah ukuran suspensi tapi ban tak bisa menapak sempurna.

Inovasi Riset Sensor Kopling Dan Suspensi Di MX-King Abakura
Semacam robocop..

“Untuk suspensi depan hanya sedikit settingan. Sedangkan untuk suspensi belakang saya memberi Racing Bross tipe Shicane HLR plus revolver model baru tidak menggunakan selang. Jadi menggunakan kunci t untuk merubah kekenyalan. Sedangkan pilihan spring juga tersedia tiga jenis,” kata Dede Widya, teknisi per dari +Add Suspension yang bilang bahwa suspensi ini masih prototipe.

Di tunggu hasil baiknya mas bro..

Penulis : Hafid | Foto : Istimewa