Jadi Komponen Wajib Mobil Baru: APAR Servvo Sosialisasi Produknya ke Seluruh Lapisan Masyarakat

OtomotifZone.com – Surabaya. Saat ini pemerintah mewajibkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) terpasang disetiap mobil, sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 74 Tahun 2021. Hal ini bertujuan meminimalisir dampak kebakaran pada kendaraan bermotor yang banyak terjadi beberapa tahun belakangan.

“Sejak aturan APAR diundangkan pada tahun 2021, maka setiap kendaraan yang memiliki NIK 2021 harus dilengkapi APAR,” jelas Hendra Prasetyo, General Manager PT Servvo Fire Indonesia saat ditemui di booth Servvo ajang GIIAS Surabaya 2022 di Grand City, Surabaya, Kamis (15/9).

“APAR Servvo yang kami produksi sudah banyak digunakan brand-brand otomotif di Indonesia. Dibuat secara compact, agar mudah dibawa dan disimpan ditempat yang aman dan terjangkau oleh mengemudi atau penumpang,” lanjutnya.

APAR Servvo sudah terpasang di mobil-mobil baru

Lebih lanjut Hendra memaparkan, APAR Servvo diproduksi sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang telah ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN), dalam hal ini merujuk pada SNI 180:2021 yang diperbaharui dengan SNI 180-2:2022, yaitu syarat minimum APAR adalah 1kg dan dengan fire rating 5A dan 55B.

Hendra tidak menampik kurangnya edukasi dan sosialisasi APAR untuk kelengkapan kendaraan bermotor di Indonesia. Itu sebabnya pihaknya selaku produsen APAR lokal terus memperkenalkan kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk di Jawa Timur.

Produk unggulan Servvo khusus untuk kendaraan ialah Servvo Ve-Ex (Vehicle Extinguisher), merupakan APAR untuk kendaraan, yang dirancang khusus secara minimalis dan cara pemakaian yang mudah.

Hendra mengatakan, produk APAR produksi Servvo telah digunakan oleh delapan pabrikan otomotif di Tanah Air. Mereka diantaranya Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Hino, Mitsubishi, Daimler dan Isuzu.

Selain menyasar pabrikan otomotif, produk Servvo juga menyasar ke segmen lain, seperti gedung, perkantoran, rumah tangga, pabrik, hingga pertambangan. Kapasitas tabung yang ditawarkan juga beragam disesuaikan dengan kebutuhan.

“Saat ini segmen terbesar masih industri otomotif sekitar 50 persen, seiring laju penjualan mobil oleh pabrikan,” ungkap Hendra.

Sebagai produk yang difungsikan untuk menekan kebakaran yang terjadi, pengoperasian produk APAR sangat mudah, dengan menekan tombol 1 dan 2 pada pegangan di tabung, yang secara optimal dan dapat memadamkan api pada kelas kebakaran A (benda padat), B (cairan dan gas) dan C (listrik).

Hendra mengatakan, kebakaran tersebut bisa dipadamkan dengan media Dry Chemical Powder Mono Ammonium Phosphate 90%, yang klaimnya memiliki sertifikat uji pemadaman api 5A.55B atau bisa memadamkan api dari 60 liter bahan bakar.

Sebagai produk anak bangsa Indonesia, Servvo bukan hanya telah memiliki sertifikat SNI, tetapi juga telah memiliki sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang diterbitkan oleh Kementerian Perindustrian.

“Harga yang kami tawarkan sangat terjangkau, yakni mulai Rp 1.099.000 untuk kapasitas 1 kg beserta tabung, dengan harga isi ulang sekitar Rp 200 ribuan,” tutupnya.