Jangan Asal Dan Mau Cepat Ketika Pengisian Minyak Rem, Resiko!

494
minyak rem
Pengisian Minyak Rem Baiknya Dari Atas Atau Bawah?

Otomotifzone.com – JAKARTA. Siapa yang saat pengisian dan pemompaan minyak rem masih asal-asalan? Dan apalagi ingin cepat selesai dalam prosesnya? Tentunya proses pengisian minyak rem baru, pada master rem ke kaliper sangat melelahkan dan memakan waktu serta energi.

Banyak lagi yang memakai cara-cara yang tidak pada umumnya. Seperti halnya mengisi minyak rem langsung pada piston kaliper. Setelah ditelisik nyatanya hal tersebut bertujuan untuk mempercepat proses pengisian minyak, dan membuang angin pada kaliper dan master rem secara cepat.

minyak rem
Proses Pengisian dan Pemompaan Minyak Rem

Tetapi hal tersebut faktanya dapat menimbulkan berbagai resiko dan berbahaya untuk keamanan motor. Kenapa demikian? Karena minyak rem sendiri bersifat keras, dapat merusak tampilan motor baik dari segi cat di body maupun velg. Apabila telah tumpah dan tertempel tidak segera dibilas, bisa menyebabkan kerontokan pada cat yang tertimpa dengan minyak rem.

minyak rem
Pembuangan Minyak Rem dan Angin Pada Kaliper

Maka dari itu tidak sedikit yang selalu melapiskan kain basah atau kanebo, dan menyiapkan cukup air untuk membasuh bagian area sekitar minyak rem.

“Untuk pengisian minyak rem baiknya tetap dari atas. Karena nantinya kan minyak rem sendiri secara penuhnya ada di master rem. Kalau isi dari bawah itu, resikonya banyak dan besar untuk motor. Selain itu juga, kerjanya jadi bisa berantakan kalau minyak sudah tumpah kemana-mana,” jelas pemaparan Krisna dari HRC Rempoa – Jakarta Selatan kepada Penulis saat berkunjung langsung.