Kejurnas Eshark Karting 2015 Banyak Terobosan Baru

740
Junior Max selalu ditunggu
sss
Junior Max selalu ditunggu
Junior Max selalu ditunggu

OtomotifZone.com-Sentul. Gelaran besar Kejurnas Go Kart Indonesia 2015 usai digelar Minggu, 22 Februari 2015 kemaren. Sentul International Karting Circuit Bogor sebagai ajang gelaran Kejurnas Eshark Karting round 1 2015 berjalan mendekati sempurna, baik sisi penyelenggaraan, pelaksanaan event juga jalannya balapan juga tidak banyak meninggalkan kesan kecewa dari para peserta yang ikut di 6 kelas yang dilombakan.

Teriknya panas sentul juga menaikkan suhu persaingan, terutama kelas Junior Max dan Senior max, namun semunya berjalan dalam kerangka Fair Play dan lebih sportif. Minimnya protes dari team juga menjadikan seri 1 begitu nyaman dilihat.

Penyelenggaraan Kejurnas yang akan menggelar 4 seri ini adalah tahun ke 2 dari keinginan komunitas karting Indonesia agar cabang balap single seater ini menjadi semakin berkembang dan menumbuhkan bibit-bibit baru pembalap muda yang kelak akan mengharumkan nama Bangsa dikancah dunia otomotif, 57 peserta yang terbagi dalam 6 kelas ini juga berjalan begitu bersih, meski ada insiden kecil di kelas Junior Max saat Pre final dan Micro Max namun tidak menimbulkan cidera dan trauma bagi pembalap semua berjalan begitu mulus.

Eris Mahpud beserta Nyonya saat menyaksikan Rava berlaga
Eris Mahpud beserta Nyonya saat menyaksikan Rava berlaga

Peran Juri yang sudah menerapkan pengamatan langsung baik dengan pengawasan penuh oleh ketiga pengawas lomba dan juga Pemimpin lomba ditunjang dengan pengambilan video secara langsung oleh juri membuat jalannya balap mudah diawasi secara visual yang nantinya akan dijadikan bukti, diskusi dan analisa saat ada protes dari pembalap dan team yang merasa dirugikan. Ketepatan waktu penyelenggaraan tiap racenya juga tidak mengalami kendala penundaan yang membuatĀ  jenuh saat menunggu giliran race, meski saat menunggu pembagian hadiah masih berasa lama dan menjemukan, namun secara umum penyelenggaraan kejurnas kali ini banyak mengalami kemajuan dan peningkatan yang signifikan…

“kami sudah mempersiapkan sebaik mungkin, agar penyelenggaraan kejurnas Eshark Karting tahun ini jauh lebih berkualitas, penyelenggaraan dengan mengusung One Day Race juga cukup efektif dan efisien, semoga diseri selanjutnya minimal akan seperti seri 1 ini semua berjalan aman, lancar dan aman”,papar Eris Mahpud Promotor yang diseri ini ikut turun dikelas Master Max.

Terobosan baru dalam bentuk penghargaan disamping untuk pembalap pendatang baru dan non seeded, promotor kejurnas juga memberikan penghargaan kepada pembalap yang memimpin lap dan terdepan terlama dan pembalap tercepat ditiap kelasnya..

Meski ada penurunan jumlah pembalap di kelas master dan gearbox karena banyak pembalap yang mempunyai kesibukan lain namun secara umum penyelenggaraan ini berjalan sukses.

Mantap nih… semoga Kejurnas ini menjadi agenda lain selain RMC yang digelar 5 seri ditahun ini, dan menjadi tantangan serta memperbanyak jam terbang bagi pembalap yang akan berlaga dikancah Asia dan Eropa…

Selamat Eshark…..selamat komunitas Karting Indonesia.

Penulis : Edi Batrawan | Photo : Edi Imola