Kimi Raikkonen Putuskan Pensiun dari F1 Akhir Tahun Ini

28

OtomotifZone.com – Finlandia. Kimi Matias Raikkonen baru-baru ini mengumumkan bahwa dirinya akan berhenti dari dunia F1 setelah habis kontrak bersama Tim Alfa Romeo pada akhir tahun ini. Pembalap Finlandia tersebut merupakan pembalap tertua yang masih eksis di ajang F1 sejak 2001.

Diutarakan lewat akun instagram pribadi miliknya, Kimi Raikkonen mengutarakan niatnya untuk berpisah dengan dunia yang telah membuatnya menjadi salah satu legend hidup otomotif balapan Formula1.

“Ini akan menjadi musim terakhir saya di Formula1, Ini adalah keputusan yang saya lakukan selama musim dingin lalu. Bukan keputusan yang mudah tapi setelah musim ini saatnya untuk hal-hal baru. Meskipun musim masih berlangsung, saya ingin berterima kasih kepada keluarga saya, semua tim saya, semua orang yang terlibat dalam karir balap saya dan terutama kalian semua penggemar hebat yang telah mendukung saya selama ini. Formula1 mungkin akan berakhir bagi saya tetapi ada banyak kehidupan yang ingin saya jalani dan nikmati. Sampai jumpa lagi setelah semua ini! Dengan tulus Kimi,” ucap Kimi yang mengakhiri karir diusia 41 tahun.

Bapak tiga anak kelahiran 17 Oktober 1979 asal Espoo, Finlandia ini memulai karir balapan profesional tahun 2001 bersama team Sauber, dan dia sudah berganti team sebanyak 5 kali dalam kurun waktu 20 tahun ini. Sauber, McLaren, Ferrari, Lotus dan Alfa Romeo menjadi team terakhirnya.

Kemenangan gemilang ditahun 2007 bersama Ferrari merupakan sesi pertama Kimi berhasil meraih gelar juara dunia Formula1. 2010-2012 kimi sempat vakum dari F1 dan mencoba balapan Rally dan Nascar sebelum kembali lagi ke F1 ditahun 2013 bersama Tim Lotus.

Penulis : Hafid | Editor : Suhendri Wibowo | Foto : F1