Max Verstappen Juara F1 2021, Usai Protes Mercedes di Tolak FIA

108

OtomotiZone.com – Max Verstappen, pembalap Formula One (F1) dari tim Red Bull Racing akhirnya sah menjadi juara dunia musim 2021 setelah diraihnya dalam seri penutup balapan di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (12/12). Hal itu dipastikan ditengah konflik yang terjadi setelah tim Mercedes AMG Petronas sempat melakukan protes keras dari hasil balapan tersebut.

Keberhasilan Max Verstappen kali ini sekaligus menorehkan sejarah nama pembalap asal Belanda pertama yang meraih juara di kancah balapan mobil ‘jet darat’. Bahkan di persaingan yang cukup sengit ini, Verstappen berhasil taklukkan Lewis Hamilton, dengan menyalip pembalap tim Mercedes itu yang juga merupakan juara bertahan F1.

Di saat race berlangsung, sempat terjadi insiden kecelakaan yang dialami oleh Nicolas Latifi dari tim Williams, sehingga safety car F1 masuk ke lintasan untuk melihat kondisi di dalam sirkuit. Dan di sela waktu itu Verstappen masuk ke paddock dan tim Red Bull mengganti ban dengan tipe soft agar bisa lebih ‘nempel’ lagi di lintasan.

Lewis Hamilton (kiri) beri ucapan selamat pada Max Verstappen

Dan hasilnya pun terbukti, jelang beberapa lap akhir, Verstappen berhasil salip Hamilton hingga titel gelar juara dunia musim 2021 jatuh ke tangan pembalap andalan tim Red Bull.

Atas kejadian itu, tim Mercedes lantas coba untuk melayangkan protes keras disertai dua cakupan pasal mengenai aturan tentang kondisi jika terjadi insiden dan posisi ketika menyalip dalam keadaan seperti itu. Namun, FIA selaku federasi otomotif internasional menolak gugatan protes dan tetap mensahkan Max Verstappen menjadi juara dunia F1.

Berikut adalah juara F1 di posisi lima besar

  1. M. Verstappen Red Bull 26
  2. Lewis Hamilton Mercedes 18
  3. C. Sainz Jr. Ferrari 15
  4. Y. Tsunoda AlphaTauri 12
  5. P. Gasly AlphaTauri 10

Foto : Reuters & Andrej Isakovic