MotoGP Valencia Menjadi Sirkuit Penentu Juara Dunia Sejak 2006 Silam

213
MotoGP Valencia Menjadi Sirkuit Penentu Juara Dunia Sejak 2006 Silam
Foto Credit: MotoGP - MotoGP Valencia Menjadi Sirkuit Penentu Juara Dunia Sejak 2006 Silam

MotoGP Valencia bakal menjadi seri penentu siapa juara dunia musim 2023 kali ini, dan sejak era MotoGP terhitung ada 5 musim penentuan gelar juara dunia ditentukan pada balapan pamungkas di Valencia.

2022 : Bagnaia vs Quartararo

Untuk kedua kalinya Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo bertarung memberebutkan gelar, namun pada musim balap tersebut pertarungan berlanjut hingga seri pamungkas. Bagnaia sukses meraih gelar juara dunia meskipun finis di posisi ke-9 tetapi dirinya tetap unggul 7 poin dari El Diablo.

2017 : Dovizioso vs Marquez

Perebutan gelar yang sengit terjadi antara Andrea Dovizioso dan Marc Marquez. Balapan berlangsung normal namun Dovi yang berupaya keras memulihkan posisi setelah tercecer di awal balapan crash pada 5 lap terakhir sebelum finis. Marquez yang finis di posisi ketiga resmi menjadi juara dunia dengan keunggulan 34 poin.

2015 : Lorenzo vs Rossi

Pertarungan final terjadi antara Jorge Lorenzo dengan Valentino Rossi. Pasca insiden #SepangClash yang kontroversial, Rossi harus start dari posisi paling buncit. Lorenzo yang start dari pole sukses mendominasi balapan, dan Rossi tampil spektakuler dengan berhasil finis di posisi keempat. Lorenzo berhasil juara dunia dengan selisih 5 poin saja.

2013 : Lorenzo vs Marquez

Marc Marquez harus berhadapan dengan Jorge Lorenzo untuk mendapatkan gelar juara dunia pada musim perdananya di kelas MotoGP. Lorenzo yang tampil all out berhasil memenangkan balapan, namun Marquez yang finis di posisi ketiga sudah cukup untuk meraih gelar juara dunia dengan hanya berselisih 4 poin dari kompatriotnya.

2006 : Hayden vs Rossi

Pertama kalinya di era MotoGP juara dunia ditentukan hingga seri pamungkas antara Nicky Hayden dengan Valentino Rossi. Rossi yang menjadi unggulan untuk menambah pundi-pundi gelar kelimanya justru terjatuh pada lap kelima. The Doctor kembali melanjutkan balapan dan hanya finis di posisi ke-13, sedangkan Hayden meraih podium ketiga sehingga gelar juara dunia jatuh ke tangan The Kentucky Kid. Dirinya mengungguli Rossi dengan selisih 5 poin.