Motoprix Region 3, Bubar Jalan

5196

OtomotifZone.com – Bandung. Karut marut Kejurnas Motoprix Region Tiga (Bali, NTB, NTT) akhirnya mencapai puncaknya. Setelah beberapa kali gagal menggelar seri Kejurnas pada Sabtu (3/9) kemarin akhirnya di putuskan Region Tiga di gabungkan dengan Region 2 (Pulau Jawa). “Fix Region Tiga digabungkan dengan Region Dua, sejatinya sudah keputusan dari tahun lalu namun kami tunda karena ingin melihat perkembangannya. Dan kami lihat sudah tidak memungkinkan”ujar Eddy Horison dari Komisi Balap Motor PP IMI saat di temui di Sirkuit Selagalas Mataram NTB.

Keputusan pahit ini harus dilaksanankan setelah penyelenggaraan satu seri Motoprix Bali di Tahun 2015 gagal dilaksanakan. “Yang lebih fatal lagi di tahun ini 2016 seharusnya Bali yang kebagian dua seri, batal di gelar. Ada berbagai kendala, padahal Bali adalah barometer balap roda dua di Region Tiga. Nantinya akan ada penambahan seri Region 2” Kata Eddy yang sengaja datang ke Lombok NTB membahas hal tersebut.

Sementara itu Wawan, Kabid Roda Dua Pengprov IMI Bali, mengatakan selama ini penyelenggaraan Motoprix Seri Bali menghadapi sangat banyak kendala seperti masalah perijinan dan juga sponsorship. “Awalnya kami ingin menggelar seri di Singaraja namun terbentur dengan masalah perijinan dikarenakan harus menutup ruas jalan utama dan akan di pindah ke Jembrana namun sponsor enggan karena lokasi yang sepi dari penonton” kata Wawan.

Wawan menambahkan ada hal positif dan negative dalam penggabungan region ini. “Positifnya dari segi skill dan teknologi kita bisa lebih update. Negatifnya sponsorship tentunya akan terfokus ke team – team besar yang ada di region dua.  Nantinya kami akan bicarakan dengan ATPM terkait hal ini” ujar Wawan

Sementara itu para pemilik team balap region tiga masih terlihat bingung dengan keputusan ini. Andy Susanto misalnya saat ditemui mengaku masih bingung dan menyesalkan keputusan ini. “Yang saya pikirkan sponsorship nantinya pasti beralih ke team region dua yang sudah jadi. Pasti ada team yang bubar, saya kepikiran ama anak – anak yang murni makannya dari balap region tiga. Main region dua nantinya ada 7-8 seri, kita main region tiga yang lima seri aja berat” ujar pemilik team Puma Bali Furukawa AHRS NHK FDR WRX RC3 RT

Hal senada diungkapkan Komang Winkayana pemilik team Yamaha Yamalube Wins Kedaton KYB FDR UPMild. “Kalau pun di support ATPM porsinya pasti beda karena team region dua boleh dibilang kebanyakan udah jadi, secara finansial diluar support ATPM tim – tim region dua yang ada juga menang telak. Ini yang menjadi kendala yang besar.” kata Mang Win panggilan akrabnya.

Penulis : Gede Adistuta | Photo : Gede Adistuta