Oli Mesin Cepat Hitam? Honda Punya Jawabannya

66

OtomotifZone.com – Jakarta. Ada yang tau kenapa oli motor cepat sekali hitam? padahal oli baru diganti. Ini kerap menjadi tanda tanya besar bagi masyarakat yang memiliki kendaraan. Lalu timbul juga pertanyaan apakah bahaya dan apa yang harus dilakukan? Tenang teman teman, Honda selaku pabrikan motor terbesar memiliki jawaban yang tepat dan bisa membuat hati kalian lega.

Jadi kerap sekali kalian jumpai oli baru yang masih berwarna jernis dan saat kita cek satu minggu kemudian warna oli berwarna hitam. Terlebih oli mesin pada kendaraan berjenis 4Tak ataupun Matic. Lalu apa ya kira kira penyebab oli bisa berwarna hitam . Terlebih dalam jangka waktu sangat cepat? Honda langsung bisa menjawab.

” Jangan panik Brosis, oli yang bagus mengandung deterjen dan dispersan sehingga warna oli bekas akan menjadi hitam hasil dari pembersihan mesin. Jadi, jika pada saat penggantian oli mesin, ternyata warna oli bekasnya masih mirip warna awalnya, coba cek kualitas dan keaslian olinya ya. Dan jangan lupa juga buat cek volume oli secara rutin ya,” jelas akun @welovehonda_id.

Jadi disini kalian sudah sedikit paham bukan untuk membedakan oli. Dan diwajibkan kalian jangan panik bila kalian baru ganti oli lalu oli sudah berubah warna. Karena itu lumrah. Tapi bila warna gelap pekat segera ganti oli anda. Selalu jaga kondisi kendaraan anda. Jangan sampai lupa karena bisa berakibat fatal.