Perdana! Kejurnas Balap Motor Sport Bakal Bareng WorldSBK. Berapa Seri?

80
Mandalika Racing Series Siap Jalankan Kejurnas Balap Motor Sport Kembali

Otomotifzone.com – JAKARTA. Kabar mengejutkan datang dari agenda IMI Pusat, selaku pemangku pegiat otomotif Indonesia, telah menyatakan akan segera dijalankannya balapan yang telah lama hilang, dari peredaran kini segera timbul kembali. Dalam waktu yang cepat, Kejurnas Balap Motor Sport Bike segera tersaji.

Kali ini balapan tersebut yang kiranya sudah hampir empat tahun menurut Kabid Roda Dua IMI Pusat, Eddy Saputra. Memiliki penyelenggara baru, dengan tajuk kejuaraan Mandalika Racing Series. Serta yang bikin gemparnya kembali, event besar dari balap motor sport bike tersebut, akan berbarengan dengan balapan Internasional WorldSBK.

Sebanyak 3 seri akan berjalan mewarnai Mandalika Racing Series. Seri pertama berlangsung bulan Maret, (3-5/3/2023). Untuk seri perdananya, MRS baru hanya akan mengadakan kelas 250cc, meski diketahui IMI sudah memiliki regulasi terkait Sport Bike yaitu ada juga 150cc dan 600cc.

Eddy Saputra

“Sedih dan bangga tentunya. Disisi lain perjuangan untuk dapat menjalankan, karena beberapa hambatan keterbatasn. Disisi lain bisa mendapat kesempatan melaksanakan satu kelas di WSBK. Berkoordinasi dengan Dorna, MGPA dan IMI serta beberapa stakeholder lainnya, dasarnya ingin melahirkan Pebalap dengan talenta tinggi di Indonesia. Berharap dengan dijalankannya bersama event besar dan Sirkuit kualitas terbaik bisa memunculkan Pebalap Indonesia berprestasi,“tutur Eddy Saputra selaku dari IMI Pusat, yang hadir dalam Launching Mandalika Racing Series di Jakarta.

Eddy Saputra pun melanjutkan, “Berjalan dengan WorldSBK, bukan tanpa alasan kita pada seri perdananya baru hanya kelas 250cc, mengingat keterbatasan waktu serta jatah slot dari Dorna, selaku pemegang kendali penuh dalam event terdekatnya nanti. Maka telah diputuskan 250cc saja. Karena kelas ini juga memiliki penjenjangan kepada beberapa kelas di event besar lainnya,”

Mandalika Racing Series Home of Sport Bike Championship

Untuk agenda dari Mandalika Racing Series, telah ditetapkan sebanyak 3 seri akan digulirkan. Seri pertama akan dijalankan bulan Maret 2023 mendatang. Serta Seri dua Juli 2023, dan Seri tiga Oktober 2023. Seri 2 dan Seri 3 seluruh kelas Kejurnas Sport Bike akan dijalankan bersama.

MGPA selaku pemegang kendali, yang dikomandoi oleh Priadhi Satria. Sangat menyambut baik Mandalika Racing Series tersebut. “Kami selalu terbuka dengan inisiatif yang berkaitan dengan kemajuan motorsport Nasional, untuk bidang menonjolkan potensi dan prestasi Indonesia ke Internasional. Kami telah berkoordinasi dengan Dorna Sport perihal event MRS dan merekapun menyambut positif. Sebagai event pembuka seri, tentunya membuat atmosfer menjadi kesempatan yang luar biasa,” sebut Andi.