Perjalanan Istimewa Jalur Laut Terjauh Rombongan Team Menuju Final Kasal Cup JC Supertrack Bersama KRI Semarang 594

110

OtomotifZone.com-Jakarta. Sebuah perjalanan istimewa dan petualangan baru dunia balap garuk tanah dalam menjalani event musim ini. Dan mungkin ini adalah pertama kalinya perjalanan terpanjang yang pernah tercatat dalam dunia balap motor. Menuju Final Kasal Cup JC Supertrack Kejurnas Grasstrack Motocross sirkuit Jaharun Centre, Deli Serdang, Sumatera Utara, 14-15 Oktober 2023, KRI Semarang membawa para peserta ke putaran terakhir dua kejuaraan besar tanah air tersebut.

Berkumpul di Tanjung Priok Hari Jumat 6 Oktober bersiap 53 kendaraan berbagai jenis dan 156 orang crew balap terdata lengkap. Pendataan selesai KRI Semarang 594 berangkat hari sabtu 7 Oktober 2023 pukul 2 siang. Di dalam kapal milik TNI AL yang tak biasa dinaiki crew balap. Kali ini sikap disiplin harus diterapkan.

Mulai kebersihan, jam makan, olahraga pagi, jam istirahat malam. Tetapi crew sangat enjoy menikmati perjalanan yang belum pernah mereka rasakan selama berpetualang mengikuti balap menyeberangi lautan.

“Bagi saya ini pengalaman berharga. Belum tentu tahun depan besok kita bisa bareng KRI bersama anggota TNI AL lagi. Jadi ini perjalanan istimewa bagi saya dan kawan-kawan,” kata Ari Konyol, Crew Risqy Motorsport Pasuruhan.

Komandan KRI Semarang Letkol Laut (P) Homa Sugama, S.E, M.SC., CHRMP cukup bangga bisa mengemban tugas ini. “Pada dasarnya kami cukup senang bisa partisipasi dalam kegiatan ini yang merupakan rangkaian kegiatan Kasal Cup JC Supertrack. Jadi dengan adanya para team yang ikut ini kita harapkan bisa menambah wawasan tentang angkatan laut. Kapal ini adalah jenis LPD (Landing Platform Dock) panjangnya 124m buatan PT. PAL, karya anak bangsa tahun 2018. Dan kegiatan kapal ini sudah beberapa kali digunakan diluar militer. Terakhir kapal ini di gunakan pada saat COVID-19 kemarin untuk membawa alat medis dari Singapura ke Indonesia,” ucap beliau.

Perjalanan 4 hari 4 malam akan menjadi kenangan berharga sebagai crew balap bukan anggota TNI AL bisa berada di dalam KRI. Pengalaman naik kapal besar karya anak bangsa yang begitu istimewa. KRI Semarang-594 beroperasi sejak 21 Februari 2019 ini menjadi kapal ke-51 TNI AL ini sejatinya kapal perang rumah sakit kedua TNI AL. Bravo TNI…

Penulis : Hafid | Foto : Hafid