Rifat Finish Ke-11 di STPR – Rally America

633

FWRT - In Action 1

OtomotifZone.com – Wellsboro, PA – Amerika Serikat. “Tiada kata menyerah dan tetap semangat,“ ujar Rifat Sungkar, pereli Indonesia yang mengusung bendera Fastron World Rally Team setelah menyelesaikan 11 Special Stage yang tersisa di hari kedua Susquehannock Trail Performance Rally (STPR) yang dilangsungkan di Wellsboro, Pennsylvania – Amerika Serikat ini, setelah tidak dapat menyelesaikan hari pertama karena kerusakan front deferential pada kendaraannya.

Setelah diadakan perbaikan pada front differential dan gardan kendaraan yang pecah oleh tim mekanik dari Libra Racing, pemasok kendaraan yang digunakan Fastron World Rally Team, Rifat kembali bertarung di hari kedua pada peringkat ke-22 mendapat pinalti waktu 17 menit akibat terhenti di hari pertama.

Hari kedua merupakan pertarungan yang panjang dan sangat berat bagi para peserta karena dimulai sejak pagi hari dan selesai pada malam hari, bertanding di 11 Special Stage yang memiliki total jarak tempuh sejauh 148,12 kilometer. Dari 54 peserta, hanya 40 peserta yang dapat menyelesaikan putaran keempat RallyAmerica ini.

FWRT STPR - In Car

Fastron World Rally Team mengawali hari kedua di SS6 Phasa, dengan panjang lintasan sejauh 15,87 km. Di SS6 ini, Rifat finish di urutan ke-7 dengan catatan waktu 8 menit 52,3 detik. Setelah mendapatkan kembali grip dan feelingnya, mulai dari SS8, Rifat dan Marshall berhasil menjadisalah satu dari lima pembalap tercepat, bahkan menjadi ketiga tercepat di SS9 Lebo1 (16,3 5km) dan SS14 Fahnestock (20,54 km). Di SS 14, Rifat berhasil meningkatkan peringkatnya dari peringkat ke-22 di klasmen umum sementara menjadi peringkat ke-12.

Hari kedua STPR juga kembali diakhiri dengan 2 Super Special Stage yang terletak ditengah kota yaitu, Tioga County Fairgrounds. Di dua Super SS penutup ini (SS15 dan SS16), pereli kebanggaan Indonesia ini mencatatkan waktu tercepat kedua, hanya selisih 2 detik dari David Higgins di posisi pertama, dan unggul 2 detik dari Ken Block yang menjuarai STPR kali ini. Atas usahanya ini, Rifat berhasil finish dan menyelesaikan STPR di peringkat ke-11, dari peringkat ke-22 di awal hari kedua.

FWRT STPR - Car 3

“Terhentinya kami kemarin di SS1 memang sangat berpengaruh terhadap catatan waktu, apalagi dengan pinalti 17 menit, sesuai peraturan SuperRallyRules karena tidak mengikuti seluruh SS di hari pertama. Tapi kami tetap semangat dan selalu berjuang sesuai pesan Bapak Presiden saat kami bertemu dengan Beliau di New York 2 hari sebelum bertanding,” ujar Rifat yang mengakhiri STPR Rally America ini di peringkat ke-11.

“Alhamdullilah, Fastron World Rally Team berhasil finish dan menyelesaikan STPR kali ini walaupun dihadapkan dengan gangguan teknis tidak terduga pada hari pertama. Di hari kedua, apa yang diperlihatkan Rifat dan Marshall sangat memuaskan dan sesuai dengan harapan. Semoga di seri berikutnya, hasil yang kami peroleh akan lebih baik. Terima kasih juga atas dukungan dan doanya,” terang M. Indra Prasetyo, selaku team manager untuk Fastron World Rally Team.

Dengan demikian, Fastron World Rally Team berhasil finish di peringkat ke-11 klasmen umum dan peringkat ke-6 di kelas Open Class, menyelesaikan Susquehannock Trail Performance Rally dengan mencatat total waktu 2 jam 7 menit 55,17 detik.

Sementara itu Ken Block berhasil menjadi juara pertama di STPR dengan catatan waktu 1 jam 44 menit 11,8 detik. Diikuti oleh pereli Belgia, David Sterckx, di urutan kedua dengan waktu 1 jam 52 menit 28,1 detik, dan David Higgins di posisi ketiga dengan catatan waktu 1 jam 54 menit 55,2 detik.

Seusai mennyelesaikan Susquehannock Trail Performance Rally, Fastron World Rally Team akan melanjutkan perjuangannya di Rally America pada putaran kelima, New England Forest Rally, yang akan digelar pada tanggal 26 – 27 Juli 2013 di kota Newry, Maine – Amerika Serikat.