Soal Aerodinamis “Tak Lazim” di Motor MotoGP, Ini Penjelasannya

928
aprillia MotoGP
Aprillia - MotoGP. Foto: MotoGP

Otomotifzone.com – JAKARTA. Perkembangan dan inovasi terkait kemajuan teknologi dan risetan terbaru dari MotoGP, terus memiliki peningkatan setiap masanya. Termasuk pada tahun 2024 ini, yang mana perkembangan dari sistem aerodinamis semakin melesat.

Ini terjadi pada sesi Official MotoGP Test, yang berlangsung di Sirkuit Internasional Petronas Sepang – Malaysia, pekan lalu (6-8/2/2024). Kemajuan dan perubahan sisi aerodinamis tidak bisa ditinggalakan apalagi hindarkan.

Salah satu inovasi soal Aero ini, ialah datang dari tim Aprilia. Di mana mengadaptasi dari pemakainya terdahulu, pada ajang balap mobil F1. Untuk bentuk dan ukurannya sendiri, hingga posisi letak pemasangannya, belum ada sama sekali Otozoners yang menggunakan.

Usut punya usut, dikutip dari MotoGP langsung disampaikan oleh ahlinya. Ini memiliki fungsi yang detail dan fungsional. Bukan hanya asal pasang saja. ‘

aprillia MotoGP
Aerodinamis Terbaru 2024 Aprillia di MotoGP. Foto: MotoGP

“Ini hanya serangkaian Tekanan Transduser. Jadi setiap satu dari lubang kecil ini, saling terkoneksi dengan lubang-lubang kecil lainnya. Untuk menekan tekanan Transduser ini. Jadi saat akhir kamu ingin mencoba pergerakan di motor, ini tekanan berada di samping pembalap. Jadi saat kamu punya gangguan, masalah tersebut bisa mengikuti pergerakannya,” ungkap Aprilia Technical Director – Romano Albesiano dikutip dari MotoGP.