Test Drive Stargazer: Tenaga Melimpah Jadi Kelebihannya

68

OtomotifZone.com – Surabaya. PT Hyundai Motors Indonesia memberi kesempatan media di Surabaya untuk menjajal performa jagoan barunya, Hyundai Stargazer tipe Prime. Kesempatan ini tidak disia-siakan Otomotifzone.com. Setelah memilih tanggal, OZ langsung tancap gas kencang bareng LMPV Hyundai yang mempunyai tagline bintang baru keluarga.

Bangkalan Madura ditentukan sebagai destinasinya. Untuk rute jalan yang OZ lalui cukup beragam, dari jalanan perkotaan yang macet, tanjakan di tol Suramadu, hingga jalan makadam.

Seperti apa hasil liputannya? Yuk disimak brosis..

Kenyamanan Berkendara

Ruang Kabin nyaman dengan kaca depan yang lebar membuat pandangan jadi leluasa

Saat pertama kali memasuki kabin Stagazer, kesan lapang begitu terasa di mobil keluarga ini mulai dari bangku pengemudi. Berada dibelakang kemudi Stargazer posisi berkendaranya cukup nyaman. Ini karena jok pengemudi bisa disetting ketinggiannya sesuai postur dan kebutuhan pengemudi. Tidak hanya itu, bagian stir juga bisa disetting tilt steering (naik-turun) dan telescopic (maju-mundur).

Kaca depan yang lebar memberikan visibilitas yang luas bagi pengemudi dan sejumlah fitur didasbor mobil dapat dengan mudah diraih, ini memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengemudi saat berkendara. Hyundai juga telah menyiapkan satu head unit yang sangat bersahabat dengan Iphone. Sekali colok, head unit langsung terkoneksi dengan apple carplay.

Head unit support Apple Carplay

Model captain seat dibangku baris kedua membuat Stargazer seperti mobil keluarga premium. Bangkunya terasa nyaman saat diduduki, dilengkapi dengan settingan maju-mundur dan hand rest yang bisa dilipat, sehingga posisi duduk benar-benar bisa releks. Makin terasa lapang, saat bangku baris ketiga dilipat dan posisi bangku kedua dimundurkan sampai mentok.

Model captain seat dibangku baris kedua membuat Stargazer terkesan premium

Hyundai benar-benar menjadikan Stargazer sebuah mobil keluarga yang jadi idaman. Ini terlihat dari banyaknya kompartemen penyimpanan dan cup holder yang terletak di sisi pintu baris pertama dan kedua, dan satu meja lipat disiapkan di bangku baris kedua sebelah kiri. Tidak lupa dua port charging untuk memudahkan penumpang mengisi daya ponselnya.

Fitur Keselamatan

Bagian stir sebelah kanan dilengkapi fitur keselamatan LKA dan LFA

Dua fitur andalannya Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA), membantu pengemudi agar mobil tetap dijalurnya saat berkendara di jalan tol atau jalan dengan marka yang terbaca jelas. Tanda peringatan akan berbunyi ketika mobil keluar jalur sekaligus secara otomatis mobil kembali ke jalur yang semestinya.

Ketika Fitur LKA & LFA aktif, diwaktu yang sama OZ mengaktifkan fitur Cruise Control yang berfungsi menjaga kecepatan mobil konstan sesuai pada kecepatan yang OZ atur. Sayangnya, Hyundai tidak melengkapi Stargazer dengan fitur Adaptive Cruise Control, agar mobil bisa melakukan pengereman dan menambah kecepatan dengan sendirinya menyesuaikan kendaraan di depannya.

Performa Mesin

Mesin Smartstream G1.5 MPI 4 silinder segaris

Hyundai membekali Stargazer dengan mesin Smartstream G1.5 MPI 4 silinder segaris yang mampu memuntahkan tenaga 115 PS pada 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada 4.500 rpm. Gak heran, tenaga yang dihasilkan cukup besar dan membuat mobil dengan body gambot ini gak kedodoran saat diajak berakselerasi baik dikecepatan rendah maupun kecepatan tinggi. Gak perlu bejek pedal gas dalam-dalam untuk mendapatkan torsi instan dan tenaga yang responsif, dan perpindahan giginya cukup cepat. Dibalik limbahan tenaga yang dihasilkan, ini berbanding lurus dengan konsumsi BBMnya. Dengan berkendara secara normal (random sesuai kebutuhan), Stargazer mencatatkan 11,3km/liter (odometer).

Suspensi

Stargazer tergolong cukup nyaman ketika diajak melibas jalan keriting. Suspensinya tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut. Itu sebabnya ketika OZ bermanuver, mobil tetap tenang dan minim body roll.

Kesimpulan

Sebagai LMPV yang terlahir belakangan, Hyundai Stargazer mampu menyuguhkan dan merangkum kelebihan rival-rivalnya dalam satu mobil. Dengan kabin yang nyaman, mesin bertenaga, hingga fitur-fitur yang mumpuni membuatnya layak sebagai mobil keluarga yang patut diperhitungkan di pasar Low MPV di Indonesia. Kehadirannya menjadi pilihan baru melawan dominasi beberapa model yang lebih dulu hadir seperti Toyota Avanza hingga Mitsubishi Expander.

Penulis: Hendra Sonie | Foto: HS