Test Ride: 13 Kepala Desa dan 5 Jurnalis Ngalas Bareng WR155R

153

OtomotifZone.com – Malang. PT. Surya Timur Sakti Jatim (STSJ), main dealer Yamaha Jatim, ajak konsumen dan awak media ngalas bareng Yamaha WR155R di wilayah kecamatan Pakis Kabupaten Malang.

Aktivitas bertajuk mini adventure ini dihadiri oleh 13 orang Kepala Desa dan 5 jurnalis untuk mengeksplore kecamatan Pakis, Malang.

“Sesuai letak geografisnya(pegunungan), kota Malang memang pas untuk berpetualang. Tempat-tempat terpencil yang indah di Malang kebanyakan hanya bisa diakses menggunakan motor. Maka dari itu Yamaha mengajak beberapa kepala Desa di wilayah Malang bersama teman-teman jurnalis dari Surabaya untuk explore Malang sekaligus reflesing menikmati keindahan alam,” ujar Heri, BM Yamaha Jatim area Malang sebelum memulai aktifitas mini adventure, Sabtu (12/6).

Peserta Ngalas bareng Yamaha WR155R foto bersama didepan diler SIP Blimbing Malang

“Karena ini untuk fun dan menjalin keakraban, kami sengaja memilih jalur yang aman bagi pemula. Tentu agar semua peserta bisa menikmati perjalanan dan keindahan alam Malang,” lanjutnya.

Rombongan Ngalas WR155R diberangkatkan dari dealer SIP Blimbing dikawal tiga pemandu wisata asli Malang untuk beradventure.

Peserta melewati jalur off road Alas Mbahgor, Malang

Alas mbahgor yang dikenal dengan hutan pinus dijadikan chek point pertama bagi peserta ngalas bareng WR155R. Setelah itu peserta melanjutkan chek point kedua di Warung Dewi Sri dengan pemandangan sawah. Selanjutnya peserta menuju chek point ketiga yang merupakan lokasi finish di air terjun Coban Jahe.

Chek point I, Alas Mbahgor Malang
Chek point II
Chek Point II Warung Dewi Sri
Chek point III (finish)
Lokasi Finish Air Terjun Coban Jahe, Malang

Riding Position & Handling

Ciri khas motor trail posturnya pasti jangkung. Tinggi jok WR 155R ini sampai 880 mm. Karena itulah Otomotifzone.com yang hanya mempunyai tinggi 158cm harus bersusah payah menaikinya.

Untuk setang cukup tinggi dan lebar, membuat posisi berkendara jadi santai. Soal rangka sepertinya Yamaha harus diacungi jempol. Dengan bobot motor 134 kg dan pakai rangka semi double cradle, karakter handling WR155R terasa lincah dan nurut. Bermanuver ditikungan sempit dan tikungan panjang, motor terasa menyenangkan. Terbukti saat OZ mencobanya baik di medan off road maupun on road.

rangka semi double cradle
suspensi teleskopik depan dengan tabung besar 41mm dan main panjang 899,1mm
monosok belakang berisi nitrogen dilengkapi link dengan setelan preload

Karakter suspensi teleskopik depan dengan tabung besar 41mm dan main panjang 899,1mm dipadu monosok belakang berisi nitrogen dilengkapi link dengan setelan preload terasa padat tapi empuk. Saat bermanuver di jalan aspal motor tetap stabil, ketika melibas jalan off road bergelombang dan berlobang mampu meredam guncangan dengan baik.

Performa

Menggunakan basic mesin serupa motor sport 155cc Yamaha lainnya, membuat performa WR155R ini terasa menyenangkan baik untuk jalanan aspal maupun off road.

Spesifikasi 155cc, SOHC 4 katup pendingin cairan dan VVA

Spesifikasi 155cc, SOHC 4 katup pendingin cairan dan VVA, serta injeksi bahan bakar dan transmisi 6 speed, membuat nafas mesin WR155R terus ngisi. Klaim tenaga 16,4 dk / 10.000 rpm dan torsi 14,3 Nm / 6.500 rpm paling besar dibandingkan dua kompetitornya, Honda CRF150L dan Kawasaki KLX 150.

Di jalan aspal tenanganya gak habis

Karakter tenaga WR155R kuat sejak putaran mesin rendah. Terbukti saat OZ melewati jalan aspal, tenaganya gak habis. Begitu juga saat melibas jalan off road menggunakan gigi 2, motor gak terasa ngoyo melewati tanjakan yang licin.

Di jalan off road menanjak dan licin gak takut kehilangan tenaga

Kesimpulan

Meskipun terlahir sebagai motor off road, Yamaha WR 155R juga nyaman untuk dipakai harian jalan aspal. Karakter suspensi yang stabil dan empuk, dipadu dengan performa mesin yang powerfull membuat motor ini gak pernah kehabisan tenaga. Kalau untuk off road? Buktiin sendiri deeh…

Spesifikasi Yamaha WR155R

Dimensi

P x L x T : 2145 x 840 x 1200 mm

Sumbu roda : 1.430 mm

Jarak terendah : 245 mm

Tinggi jok : 880 mm

Berat isi : 134 kg

Kapasitas tangki : 8,1 liter

Mesin

Tipe : 4-tak, silinder tunggal, SOHC 4 katup, VVA

Diameter x langkah : 58 x 58,7 mm

Rasio kompresi : 11,6 : 1

Daya maksimum : 16,7 Hp / 10.000 rpm

Torsi maksimum : 14,3 Nm / 6.500 rpm

Kaki-Kaki Depan

Sok depan : Teleskopik 41 mm

Rem depan : Cakram 240 mm, kaliper 2 piston

Ban depan : 2.75 – 21

Kaki-Kaki Belakang

Sok belakang : Monosok

Rem belakang : Cakram 220 mm, kaliper 1 piston

Ban belakang : 4.10 – 18

Penulis: Hendra Sonie | Foto: HS, Aki/Otoplus-online, Yamaha Jatim.