Tips: Usir Berisik Yamaha Xeon RC 125 Injection

9950

OtomotifZone.com – Bandung. Berawal dari sebuah kisah ironi dari teman yang memiliki Motor Yamaha Xeon RC 125 Injeksi tahun 2014, timbul suara berisik terdengar dibagian CVT setelah motor habis dipake Touring Jauh. Noise yang ditimbul tidak wajar di bagian CVT ini sangat menggangu sekali kenyaman mengendarai ya sahabat oz. “Nyupir jadi gak konsen, malu dan khawatir ketika menggeber motor kaya yang mau rontok” kurang lebih seperti itu curhatan pemilik Yamaha Xeon RC ini.

Kabar burung Yamaha xeon ini sudah dibawa kebanyak bengkel, termasuk bengkel resmi tapi suara berisik dari CVT ogah minggat. Penasaran dengan kisah naas yang terjadi langsung saja motor teman ini dibawa ke Workshop Otomotif UPI.

Hal yang pertama dilakukan menyalakan engine dan suara berisik kaya klotrok-klotrok di RPM bawah pada saat mau aselerasi memang bersumber diarea CVT tanpa basa-basi lagi langsung saja bongkar obrak abrik dan komponen-komponen dalam CVT terlihat secara visual kondisi baru Otozoner, sempat ditanya kepemilik motor ini memang sudah banyak mengganti komponen baru dibagian CVT di bengkel-bengkel sebelumnya diantaranya Roller, V Belt, Primary Sliding Sheave COMP dan slidder . Pada kondisi tutup cvt engine terlepas coba dinyalakan sumber bunyi terdengar dibagian belakang  yaitu di driven pulley dan ketika di cek belum ada komponen yang aus semua baik-baik saja dan kecurigaan terakhir yaitu di gearbox dan abrakadabra kondisi gearbox pun baik-baik saja.

Hampir putus asa ternyata eh ternyata penyebab sumber bunyi itu berada di Shock Absorber belakang lho Otozoner. Lebih jelasnya perhatikan tanda panah warna merah dibawah yang menunjukan pada Piston Rod rupanya sudah aus dan longgar sehingga ketika engine dinyalakan Piston Rod Shock Absorber ini bergetar dan setelah diganti suara berisik hilang.

Penulis  : Ajie Nur Syamsi | Foto : Ajie Nur Syamsi