Vakum Lama Rally Nasional, Rifat Sungkar Kemana?

103
Rifat Sungkar. Foto: Dokumentasi

Otomotifzone.com – JAKARTA. Hanya tinggal menghitung mundur hari saja, dari sebuah informasi Rifat Sungkar yang akan segera bertanding di Kejuaraan Nasional Rally akhir pekan mendatang (5-7/8/2022), berlokasi di area Hutan Tanaman Industri (HTI) Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Masih tetap bersama MXRT (Mitsubishi XPANDER Racing Team), yang mana menggunakan Mitsubishi XPANDER AP4, dengan mengandalkan spesifikasi akhir 2021 di Sprint Rally. Rifat Sungkar dengan mantap siao menjalani beratntya Kejurnas Rally nanti, bersama koleganya M. Redwan sebagai Navigator andalannya.

12 tahun tidak pernah turun Rally, kemanakah sang titisan alm. Helmy Sungkar? Ternyata ayah dari El Mayka dan Mikkairo ini, sering bertarung di kancah Internasional. Bukan hal yang sia-sia, dirinya pun kerap menyabet gelar dan menjajaki tangga podium.

Dirinya mengarungi balapan Internasional dari APRC (Asia Pacific Rally Championship), Rally America, hingga World Rally Championship di kelas PWRC (Production Car World Rally Championship).

Rifat Sungkar (Kiri), Pereli Mitsubishi XPANDER Racing Team. Foto: Dokumentasi

Pada Rally America 2013 silam, dirinya beberapa kali berhasil menaiki podium. Ternyata Rifat juga masih turun di arena Nasional, tetapi bukan pada ajang Rally. Meski ada tetapi tidak mengikuti serangkaian dengan penuh. 2014 dirinya mengikuti Kejurnas Sprint Offroad, tahun pertamanya itu pasangan Sissy Priscillia langsung memberikan hasil gemilang, membawa Mitsubishi Pajero Diesel jadi yang terbaik. Sekaligus menyabet Juara Nasional Speed Offroad.

Tahun 2017 turun di ajang Sprint Rally tetapi itu tidak penuh seri. 2019 langsung membalasnya, dengan mengikuti secara penuh agenda balapannya, yang hasilnya menjadi Juara Nasional kembali bareng M. Redwan menggunakan, Mitsubishi XPANDER AP4.

Sempat terkendala Covid-19 2020 silam, tahun berikutnya 2021kembali meraji bareng Mitsubishi XPANDER AP4. Tahun 2022 ini dirinya siap menyatakan “come back”, di Lintasan Aek Nauli.

Mobil Rally Tim MXRT (Mitsubishi XPANDER Racing Team)

“XPANDER AP4 akan menghadapi petualangan yang berbeda di Rally Danau Toba. Belum pernah ada mobil MPV keluarga dengan penyesuaian minim yang turun di arena reli. Saya ingin menunjukkan bahwa XPANDER AP4 bukan cuma nyaman jadi mobil keluarga, tapi kompetitif dan tangguh di segala medan, bahkan di medan yang sangat berat yaitu reli,” ucap Rifat Sungkar.

Menghadapi Rally Danau Toba nanti, tim MXRT bekerja sama dengan Ralliart Selandia Baru, dalam menyiapkan Mistubishi XPANDER AP4 milik Rifat nanti. Pasalnya XPANDER itu akan menempuh jarak hebat nan berat. Menempuh 170 km dengan tantangan berbeda setiap stage.