Awas Knalpot 2-Tak Bocor, Power Jadi Kedodoran

2494

OtomotifZone.com-Bandung. Menarikn, membahas mesin sepeda motor 2-tak. Seperti diketahui keganasan jambaknnya yang tak ada bandingannya serasa kurang afdol kalau hanya dibiarkan standar saja.

Kurang puas dengan performa standar engine 2-tak ini, para tuner sering memodifikasi komponen yang bisa mempengaruhi kenaikan performa secara signifikan yaitu knalpot bahasa kerennya exhaust, desain ulang knalpot oleh para tuner dengan harapan dapat menaikan performa yang signifikan bukan cuma asal ngomong atau feel semata ya, bahkan Alexander Graham Bell dalam bukunya yang sudah terkenal dengan judul Two Stroke tunning menyatakan diawal bab “IT IS TRUE say that the largest contribution towards achieving the current high power level from two stroke engine has come from increasing knowledge in the are of exhaust system design”. Buku ini sangat kuat kebenarannya karena didalamnya mencantumkan hasil data penelitiannya.

Jadi buat sahabat otozonerz yang ingin mendongkrak performa motor 2-tak yang sudah stop produksi di Indonesia ini tunggu apalagi membeli knalpot racing adalah hal yang wajib dilakukan. Knalpot standar bawaan pabrik biasanya kurang free flow sehingga lari motor 2-tak ini kurang menjambak.

Tapi jangan asal membeli knalpot racing ya sahabat oz bisa-bisa anda menyesal nanti. Knalpot racing bisa menghasilkan tenaga yang signifikan apabila knalpot itu tidak bocor dan sesuai dengan durasi exhaust port. Sesuatu hal yang percuma bila kita membeli knalpot yang mahal dengan bahan yang bagus yang pasti sudah diperhitungkan desainnya sesuai durasi exhaust port dsb tapi knalpot mengalami kebocoran gas. Kebocoran gas dapat mengganggu airflow dan gas segar yang harusnya masuk kembali ke ruang bakar ini malah terbuang. Ibarat nabung dicelengan bolong sehingga berdampak pada power engine jadi kedodoran.

gambar knalpot
Selalu Cek Bagian Header dan sambungan Silencer

Hal wajib yang harus dilakukan ketika membeli knalpot supaya aman yaitu memilih seller yang memberikan garansi apabila barang tersebut cacat. Mengapa hal ini perlu dilakukan dikarenakan hanya ada satu cara agar mengetahui knalpot racing yang kita beli bocor atau tidaknya yaitu dengan memasangnya dan mencoba menyalakan engine. Ada bagian-bagian yang harus diperhatikan yaitu bagian sambungan-sambungan di head pipe, sambungan lasan, sambungan silencer dan silencernya.

Untuk yang penasaran hubungan durasi exhaust port dengan knalpot akan dibahas diartikel selanjutnya, jadi jangan sampai ketinggalan pantengin terus OtomotifZone.com.

Penulis : Jody | Foto : Jody