Banyak Pembalap Grasstrack Kesulitan Taklukan Sirkuit Okta Parigi Pangandaran

Grasstrack Bupati Pangandaran Cup Open

OtomotifZone.Com – Pangandaran. Banyak pembalap grasstrack (GTX) kesulitan menaklukan Sirkuit Okta Parigi Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat. Kejadian tersebut terjadi pada gelaran MX dan GTX Bupati Pangandaran Cup Open 2022 pada Sabtu-Minggu (7-8/5).

Banyak pembalap berjatuhan  yaitu pada kelas bebek standar, karena selain jumlah starter banyak kondisi lintasan juga basah dan licin. Pasalnya, hujan turun di salah satu sirkuit kebanggaan masyarakat Pangandaran yang mengakibatkan lintasan basah dan licin.

Hal tersebut membuat crew ekstra untuk membantu evakuasi masing-masing pembalapnya yang terjebak bada lumpur yang licin. Kontur tanah urugan yang sebagian licin dan juga sebagian lengket membuat para pembalap khususnya kelas bebek standar kewalahan.

Pembalap Terjebak di Lumpur

Bahkan beberapa pembalap harus menyudahi balapan dan gagal menyelesaikan seluruh lap, karena motor bermasalah dan tidak dapat melanjutkan kembali. Bahkan tidak dapat melanjutkan hingga selesai seluruh lap bukan hanya motor tidak hidup, tapi juga karena pembalap mengalami cedera.

Banyak Pembalap Berjatuhan, Race Terus Berlanjut

Meskipun banyak pembalap grasstrack yang berjatuhan pada beberapa titik sirkuit, namun race terus berlanjut karena seluruh motor seluruhnya masuk paddock. Pimpinan Lomba, Asep Sena, menyampaikan perlombaan masih aman dan masih bisa berlanjut pada race selanjutnya.

Pimpinan Lomba Asep Sena

“Meskipun banyak pembalap karena lintasan licin, namun race terus berlanjut karena motor tidak menghalangi lintasan sirkuit,” ungkap Asep. Seluruh motor yang mengalami masalah pada lintasan seluruhnya dapat dievakuasi keluar dari lintasan sirkuit sehingga tidak mengganggu race berikutnya.

Kedua Juri Lomba pun Asep Saepurrohmat dan Retno Timur menilai lomba masih bisa berlanjut meskipun banyak pembalap yang berjatuhan. “Tidak fatal, masih bisa dievakuasi sehingga tidak menghalangi untuk race selanjutnya, lintasan pun masih aman,” jelas Asep.

Lintasan Masih Aman

Namun semakin siang dengan teriknya sinar matahari di atas Sirkuit Okta, membuat lintasan mulai mengeras. Sehingga para pembalap pun tidak terlalu kesulitan untuk memacu dan mengendalikan laju kuda besinya untuk menjadi yang tercepat. Penonton pun semakin antusias melihat para pembalap grasstrack begitu semangat memperlihatkan kepiawaiannya dalam mengendalikan motornya.

Penulis: Yeyep                                                      Foto: Yeyep