BMW Concept Ninety Garapan Roland Sands

543

RSD-BMW-Concept-90-4_Original

OtomotifZone.com – Munich. Dalam rangka memperingati hari jadi perusahaan BMW yang 90 sekaligus sebagai penghargaan terhadap BMW R90S. Pabrikan yang satu ini menggandeng builder kawakan yang kagak perlu diragukan lagi kemampuanya.  Siapa lagi kalo bukan RSD alias Roland Sand Design.

Konsep yang mengusung Concept Ninety ini melalui perbincangan yang panjang dengan berbagai argumentasi. Mulai sketsa awal hingga terwujudnya Concept Ninety. BMW R90S merupakan motor dengan performa terbaik dan paling cepat pada jamanya. Kecepatanya mampu menembus angka 124 MPH yang setara 200 kilometer/jam. Tak heran jika motor ini pernah merajai AMA Superbike Championship.

RSD-BMW-Concept-90-11_Original

Maka dari RSD lebih menekankan pada gaya klasik Cafe Racer, identik dengan kecepatan. Motor yang menjadi kado ultah BMW ini juga bakalan dipamerkan dengan beberapa motor klasik BMW lainnya di ajang Concorso d’Eleganza Villa d’Este 2013, Italia beberapa waktu yang lalu.

RSD-BMW-Concept-90-21_Original

Meski bergaya klasik, namun panel-panel indikator menjadi faktor penting menurut RSD. Makanya sentuhan modern diterpakan pada takometer analog dan speedometer digital LCD berwarna orange. Ini hebatnya builder bule, faktor safety tetap menjadi prioritas tanpa mengurangi esensi, RSD mengaplikasikan sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System).

RSD-BMW-Concept-90-17_Original

Dalam projectnya kali ini RSD, terkonsentrasi mengerjakan sektor depan, seperti cover mesin depan, pada bagian dapur pacu dengan mendesain ulang cover klep, kemudian pelek. Alhasil, dari hanya sekedar sketsa menjadi kenyataan berbentuk sebuah mahakarya dengan tingkat emosional yang tinggi dan mendebarkan.

Penulis : uungferi | Foto : Web RSD