Kendala Teknis Menghambat Rifat di Hari Pertama

479

FWRT STPR - Rifat & Marshall 1

OtomotifZone.com – New York, Amerika Serikat. Pertarungan di Susquehannock Trail Performance Rally (STPR), ronde keempat Rally America, secara resmi telah dimulai, diawali dengan SS1 Waste Management 1 pada pukul 14:29 waktu setempat. Sangat disayangkan, perjuangan Fastron World Rally Team terpaksa harus terhenti di awal hari pertama akibat gangguanteknis. Meskipun demikian, Rifat Sungkar yang didampingi Marshall Clarke tidak menyerah dan akan berusaha melakukan yang terbaik di hari kedua ini (01/06).

Di hari pertama STPR, Fastron World Rally Team dijadwalkan untuk bertanding di 5 Special Stage; SS1 Waste Management 1, SS2 Rattler, SS3 Waste Management 2, dan diakhiri dengan 2 Special Stage yang digelar di Tioga County Fairgrounds. Namun naas bagi Rifat, tidak berapa lama setelah start SS pertama, mobil yang dikendarainya mengalami kerusakan dan tidak dapat melanjutkan pertandingan. Gangguan terjadi pada bagian front differential, bagian penting pada satu kendaraan. Sebagai poros penggerak torsi dan rotasi pada kendaaran, kerusakan dibagian ini menyebabkan kendaraan tidak dapat dijalankan.

FWRT STPR - Day One Stop 1

Meskipun demikian, Rifat Sungkar tidak patah arang. Dengan peraturan Super Rally Rules, Fastron World Rally Team akan melanjutkan pertandingan di hari kedua ini. “Di haripertama, kami telah menetapkan strategi untuk tidak terlalu memaksakan dalam memacu kendaraan. Entah apa yang terjadi, kira-kira sepuluh sampai dua puluh meter setelah start SS 1 terdengar bunyi keras di bagian depan mobil dan mobil terhenti. Saya sangat menyesalkan kejadian ini, tetapi ini adalah rally, apa saja mungkin terjadi. Kita sudah menyiapkan kendaraan sebaik-baiknya, tetapi entah mengapa hal ini dapat terjadi. Tetapi saya tidak mau putus asa dan menyerah. Kami akan melanjutkan pertandingan di hari kedua besok,” ujar Rifat Sungkar.

FWRT STPR - Front Diff

Selain Rifat Sungkar, David Higginsyang memimpin klasmen sementara kejuaraan Rally America juga mengalami gangguan di SS3 dan terhenti di hari pertama. David Higgins juga akan kembali melanjutkan pertandingan di hari kedua. Dengan keluarnya Rifat Sungkar dan David Higgins di hari pertama, Ken Block mendominasi hari pertama STPR. Ken Block untuk sementara berada di posisi pertama dengan catatan waktu 26 menit 23,2 detik, diikuti oleh Adam Yeoman, yang pernah menjadi Rookie Of The Year Rally America pada tahun 2011, dan di tempat ketiga adalah pereli asal Belgia, David Sterckx.

Hari ini, pada pukul 10:20 waktu setempat atau pukul 21:20 WIB, Fastron World Rally Team akan melanjutkan pertarungannya di hari kedua, di 11 Special Stage yang akan kembali ditutup dengan 2 Super Special Stage di Tioga County Fairgorunds.“Besok masih ada 11 SS yang harus kita lalui, banyak hal yang mungkin terjadi. Yang penting saya akan berusaha dan berjuang maksimal, dan dengan sedikit keberuntungan, semoga Fastron World Rally Team bisa finish dan memperbaiki posisi,” kata Rifat.